taupasar.com

we read, we create and we share it.

Raih Sukses dengan 5 Kiat Sukses Berbisnis Jajanan Tradisional Berikut Ini

Raih Sukses dengan 5 Kiat Sukses Berbisnis Jajanan Tradisional Berikut Ini

Jajanan tradisional merupakan jenis santapan yang kerap dicari oleh banyak orang untuk disantap maupun disajikan dalam sebuah acara. Aneka jajanan ini bervariasi ada seperti makanan ringan dan kue jajanan pasar kekinian.
Kiat Sukses Berbisnis
Bahkan, sudah banyak yang menjualnya dengan berbagai macam bentuk dan rasa yang unik. Meskipun sudah zaman modern tapi jajanan tradisional masih sangat digandrungi oleh banyak orang. 

Dari segi harga juga jajanan tradisional lebih ramah di kantong. Hal itulah yang membuat makanan tradisional biasanya laris manis dibeli oleh konsumen.

Nah, kalau kamu berminat untuk membuat usaha kuliner tradisional, maka berani bersaing merupakan salah satu modal yang cukup penting. Bukan hanya itu saja, diharapkan juga harus bisa memiliki terobosan yang membuat usaha kuliner kamu beda daripada yang lain.

Lalu bagaimana caranya untuk menjalankan bisnis jajanan tradisional? Jangan bingung! Karena pembahasan artikel kali ini adalah Kiat Sukses Berbisnis Jajanan Tradisional. Berikut uraiannya:

Kiat Sukses Berbisnis Jajanan Tradisional

1. Menentukan Lokasi

Menentukan lokasi merupakan hal penting yang harus diperhatikan yang berpengaruh dalam kiat sukses berbisnis jajanan tradisional. Lokasi menjadi salah satu faktor utama yang menentukan jumlah modal yang harus dipersiapkan.

Dari jenis jajanan yang akan dijual, perkiraan harga dan keuntungannya. Oleh karenanya, pilihlah lokasi yang tepat. Karena masa sekarang persaingan bisnis yang sangat ketat sehingga kamu harus berhati-hati sebelum menentukan lokasi  bisnis.

Sebelum menetapkan pilihan lokasi terbaik, kamu harus melakukan survei dahulu untuk mengetahui potensi pasar serta jenis jajanan tradisional yang diincar  masyarakat di lokasi tersebut.

Jika memilih lokasi di mall tentu akan berbeda jika membuka usaha di tepi jalan. Nah, jika kamu mau membuka lapak di pasar tentu harga sewanya jauh lebih murah daripada sewa ruko. Perhatikan juga konsep pusat perbelanjaannya, apakah sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan atau tidak.

2. Brand dan Kemasan yang Menarik

Kiat sukses berbisnis jajanan tradisional selanjutnya adalah buat kemasan menarik dengan brand tersendiri. Hal itu akan membuat pelanggan tertarik dan berminat akan produk yang kamu jual, terutama pada bisnis jajanan tradisional. 

Selain itu, brand dan kemasan yang menarik akan memudahkan dalam melakukan promosi. Terutama dalam pangsa pasar anak-anak yang cenderung menyukai kemasan unik dan enak dipandang dengan warna-warni.

Menggunakan toples sebagai inovasi dalam menyimpan jajanan tradisional juga bisa dilakukan. Carilah bentuk yang berbeda dengan toples yang banyak beredar di pasaran yaitu bentuk selain toples bulat yang  terlalu umum.

3. Bersaing Secara Sehat

Jangan pernah takut untuk bersaing sesama pengusaha kuliner sejenis. Selain bersaing dengan sehat, alangkah baiknya kamu menjalin kerja sama dengan mereka. 

Bila sesama pengusaha kuliner tradisional bekerja sama, dijamin deh keberadaan kuliner tradisional tidak akan goyah. Selain itu para konsumen juga akan banyak alternatif menu makanan tradisional.

Kalau kamu memilih pengusaha kuliner yang memiliki menu menarik, enak dan otentik, kamu tidak perlu takut akan pernah kehilangan pelanggan.

4. Gunakan Bahan dan Peralatan Berkualitas

Kiat sukses berbisnis jajanan tradisional yang harus kamu perhatikan adalah mempunyai kualitas terbaik untuk konsumen. Untuk mendapatkan kualitas terbaik, kamu memerlukan bahan dan alat produksi yang juga baik. 

Pertimbangkan juga bahan baku dan keamanan alat untuk mengolah makanan. Selain itu, pastikan bahan baku yang kamu gunakan yang pastinya telah mendapatkan sertifikasi aman dari BPOM.

Memilih bahan baku berkualitas akan menjadi pertimbangan harga jual jajanan tradisional yang dibuat. Jika ada perhitungkan juga komponen lain, misalnya gaji karyawan, sewa tempat, dan peralatan. Hal ini pastinya sangat penting agar usaha kamu benar-benar bisa mendatangkan keuntungan.

5. Promosi Melalui Internet

Kesuksesan dan kegagalan suatu bisnis tergantung pada cara kamu melakukan promosi dan pemasaran. Lakukan promosi dengan memberikan penawaran harga terbaik agar pembeli tertarik. 

Promo ini tidak hanya dilakukan secara offline, melainkan secara online yang akan lebih cepat melalui media sosial di internet. Memberikan penawaran seperti diskon secara berkala, buy one get one, meningkatkan rasa dan varian serta tampilan jajanan tradisional.

Memberikan produk tester untuk dicicipi juga tidak ada salahnya dicoba, dengan cara ini bisa aja kamu lebih banyak menggaet konsumen. Promosi ini  harus dilakukan dengan gencar, karena kesuksesan dalam bisnis  ini tergantung pada kesuksesan promosi yang dilakukan. 

Jadi, usahakan untuk membuat promosi yang menarik dimulai dari door to door terutama untuk bisnis jajanan tradisional. Kamu bisa membuat brosur produk kue disertai ulasan konsumen tentang produk kamu. 

Setelah itu, bisnis ini dapat pasarkan secara online melalui media sosial yang tepat seperti Facebook atau Instagram. Ingat! Tampilkan juga produk kamu dengan menarik dan kreatif baik itu dari segi foto produk dan desainnya.

Tips penting yang dapat diterapkan dalam menjalankan bisnis jajanan tradisional, seperti yang dikutip dari buku Sukses Wirausaha Jajan Favorit karya Budi Sutomo.
  • Pertama, mengutamakan kualitas. Kualitas jajanan tradisional diukur dari cita rasa yang enak, warna yang menarik, aroma khas dan tekstur yang sesuai dengan jenis tersebut.
  • Kedua, variasikan produk. Baik dalam bentuk, rasa, maupun isi sehingga konsumen tidak bosan dan memiliki banyak pilihan. Lakukan sejumlah inovasi baru untuk pengembangan produk.
  • Ketiga, sesuaikan produk yang akan kamu pasarkan untuk  menentukan harga yang akan dijual.
  • Keempat, jaga ketersediaan produk dalam kuantitas yang memadai. Konsumen akan kecewa jika produk yang dibeli sudah tidak ada. Maka dari itu, perhatikan pola belanja masyarakat. Sebaiknya, produksi saat hari raya diperbanyak karena kemungkinan adanya permintaan yang lebih tinggi.
  • Kelima, terapkan pelayanan yang ramah dan sopan. Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan dan higienitas dalam pembuatan jajanan dan juga di tempat jualan. Lakukan juga pengelolaan manajemen yang baik demi kelangsungan usaha yang dijalankan.
Sebagai pengusaha kamu tanamkan prinsip pembeli adalah raja. Berikan produk berkualitas tinggi. Serta melayani pembeli dengan sebaik mungkin agar menjadi pelanggan setia.

Untuk menambah informasi dan pengetahuan kamu, simak sejumlah artikel pilihan berikut ini.

Baca juga:





Demikian uraian tentang kiat sukses berbisnis jajanan tradisional. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu yang menjalankan bisnis ini. 

Penulis: Putri Geo
Related Posts