taupasar.com

we read, we create and we share it.

Bukan Hanya Mudah, 10 Ide Jualan Makanan Ringan Ini Juga Menguntungkan

Bukan Hanya Mudah, 10 Ide Jualan Makanan Ringan Ini Juga Menguntungkan


Berbisnis kecil-kecilan sebagai usaha sampingan penambah cuan, memang menarik untuk dilakukan, salah satunya berjualan. Bisnis yang dipilih biasanya jenis usaha yang ringan, mudah dijalankan, serta memiliki risiko rendah. Namun biasanya kita dibuat bingung dalam memilih ide jualan, maka inilah ide jualan makanan ringan yang patut dipertimbangkan.
ide jualan
Sebelum masuk pada pembahasan inti mengenai bentuk-bentuk usaha makanan ringan, ada baiknya Anda pun memahami keuntungan di balik menjalankan bisnis seperti ini.

Keuntungan Memilih Ide Jualan Makanan Ringan


1. Modal Kecil, Untung Menjanjikan

Jualan makanan ringan merupakan solusi tepat bagi Anda yang membutuhkan ide bisnis dengan penggunaan modal relatif kecil. Hal ini karena alokasi dana usaha makanan ringan biasanya tidak terlalu banyak, sehingga yang diperlukan pun tidak terlalu tinggi.

Meskipun berangkat dari keterbatasan budget, namun siapa sangka keuntungan berjualan bisa lebih menjanjikan. Apalagi jika usaha sudah dijalankan cukup lama.

2. Tingginya Ketersediaan Bahan

Hal seru lainnya ketika memilih ide jualan ini adalah kemudahan mendapatkan bahan baku jualan. Soal ketersediaan bahan aneka makanan ringan pun biasanya memiliki stok yang tinggi atau banyak. Selain pabrik yang memproduksi atau mengolah bahan dasar pun akan sangat beragam dan tersebar di berbagai wilayah.

3. Dapat Dilakukan Sendiri

Selain itu berjualan makanan ringan juga tergolong sebagai usaha yang dapat dilakukan atau dijalankan secara mandiri dan independen. Usaha kecil-kecilan tersebut dapat dijalankan tanpa membutuhkan tambahan karyawan.

Karena kita tahu sendiri penambahan tenaga kerja pun akan menambah pengeluaran biaya usaha. Ini tidak strategis dengan skala usaha yang dijalankan. Bisnis seperti cukup mudah untuk ditangani sendiri.

4. Peluangnya Lebih Besar

Siapa bilang usaha rumahan atau jualan makanan ringan tidak menguntungkan? Banyak orang-orang di luar sana yang telah membuktikan sendiri kelebihannya. Jika Anda memilih ide usaha makanan ringan yang sesuai dengan minat di suatu lingkungan, maka keuntungan pun pasti bisa didapat secara lebih sehingga mampu menutupi pengeluaran modal usaha.

5. Target Pasar yang Banyak

Berbagai ide jualan makanan ringan rata-rata memiliki target pembeli yang begitu luas, hingga ke berbagai kalangan. Berjualan makanan ringan bisa dikatakan menyasar konsumen segmen menengah-kebawah.

Makanan ringan yang dijual biasanya dibanderol dengan harga ekonomis, sehingga ketika tertarik maka pembeli akan dengan mudah memilikinya.

6. Mudah Diinovasikan

Banyak orang yang menjalankan usaha makanan ringan. Untuk mengatasi agar minat pembeli lebih tinggi, bisnis seperti ini pun sangat mungkin dilakukan inovasi atau dikembangkan dengan adanya hal-hal baru.

Rekomendasi Ide Jualan Makanan Ringan

1. Mie Lidi

Jajanan masa kecil satu ini tengah eksis kembali di pasaran. Bahkan kini banyak penjual yang mengakali agar penjualan Mie Lidi dapat diterima kembali oleh konsumen luas, dengan menyesuaikan keinginan pembeli.

Misalnya Mie Lidi masa kini memiliki banyak varian rasa unik, hingga penggunaan kemasan yang lebih upgrade. Bahkan dengan begini bisa meningkatkan harga jual yang berimbas pula pada pendapatan.

2. Burger Kaki Lima/Home Made

Burger ala kaki lima atau home made juga kini banyak dijual dan menjadi ide usaha baru yang menarik. Bahkan ide jualan makanan ringan ini disukai oleh banyak pembeli, karena selain harganya yang lebih murah rasanya pun tak kalah nikmat, dan yang terpenting mengenyangkan.

Bagi penjual, burger ala rumahan ini mudah dibuat, bahannya tersedia banyak di pasaran, dan tidak terlalu memakan banyak modal. Untuk menyesuaikan dengan segmen pembeli, isian burger dapat diganti dengan telur, sosis, hingga kornet.

3. Pizza Mini

Makanan ala resto atau franchise besar kini kian marak dibuat inovasi sebagai ide usaha dengan versi yang lebih sederhana, namun tetap membuka peluang menjanjikan. Selain burger, ada pula pizza mini yang kini banyak dijual.

Ide usaha ini cocok untuk pasar konsumen kelas menengah dan dari kalangan anak muda. Mereka yang menggemari pizza namun terkendala budget, bisa memilih alternatif menarik ini. Bagi pebisnis, Anda dapat mengakali penambahan topping pizza sesuai modal.

4. Martabak Mini

Martabak mini merupakan salah satu makanan manis yang juga laris manis di Indonesia. Hampir di setiap daerah selalu ada yang berjualan makanan ini, meskipun dengan nama atau panggilan yang berbeda-beda.

Untuk menjalankan bisnis kecil-kecilan makanan ringan, martabak mini ini menjadi rekomendasi menarik buat Anda. Rasa manis yang khas, topping bervariasi, dengan ukuran yang imut, akan membuat para pembeli semakin penasaran.

5. Aneka Sosis, Olahan Seafood, dan Bakso Bakar

Salah satu ide jualan makanan ringan yang menjanjikan adalah berjualan aneka sosis bakar, olahan seafood bakar, hingga bakso bakar. Tingginya konsumen yang menyukai aneka makanan ini, membuat peluang usahanya sayang jika dilewatkan.

Anda bisa menjalankan usaha ketiga jenis makanan ini secara bersamaan. Karena meskipun berbeda bahan, namun teknik jualan dilakukan sama yaitu dibakar. Dengan begini Anda menarik minat pembeli karena menyajikan aneka makanan ringan.

6. Sempol Ayam

Selanjutnya ada jajanan dari olahan daging ayam, yaitu sempol. Jajanan satu ini tak kalah menarik dengan aneka camilan lainnya. Bahan baku yang mudah didapatkan dan sederhana, cara mengolah yang mudah, dapat menghasilkan camilan enak yang saat ini disukai banyak kalangan. Selain itu untuk pengemasan, Anda cukup menggunakan wadah yang simple.

7. Tahu Bulat dan Sotong

Makanan ringan yang pernah begitu viral pada masanya ini, hingga kini masih banyak yang meminati. Oleh karenanya para pebisnis pun tertarik dengan potensi usaha unik satu ini. Tahu bulat dan sotong kini dapat dijual dengan berbagai metode jualan. Baik dengan gerobak, mobil kol bak, atau di warung-warung biasa. Dengan begini Anda bisa menyesuaikan sendiri.

8. Piscok

Camilan manis dingin berbahan pisang yang dibaluri cokelat ini pun sudah ada sejak lama, dan banyak yang menjualnya. Hingga kini pun masih banyak yang mencarinya. Bahkan piscok menjadi ide jualan yang cocok dijalankan di wilayah tropis atau bercuaca panas.

9. Telur Gulung

Telur gulung memang salah satu jenis ide jualan sederhana yang awalnya mungkin banyak Anda temui saat sekolah atau masa-masa kecil. Akan tetapi saat ini telur gulung kembali banyak dicari bahkan viral. Teknik pembuatan yang unik, menjadikan rasa telur gulung lebih berbeda. Selain itu, harganya yang ekonomis menarik banyak pihak untuk membeli.

10. Tahu Pocong

Tahu pocong juga bisa menjadi referensi jualan makanan ringan yang menjanjikan. Namanya yang unik semakin membuat penasaran calon pembelinya. Hal ini menjadi potensi besar bagi penjualnya.

Selain itu, camilan satu ini memiliki ukuran yang jumbo dengan bentuk tahu yang memanjang serta krispi. Tahu satu ini pun biasa diberi isian original ataupun pedas. Jadi teman makan pun cocok.

Anda juga bisa mendapatkan sejumlah tambahan informasi menarik lainnya pada sejumlah pilihan artikel berikut ini.

Baca juga:





Itulah berbagai ide jualan makanan ringan yang kami sajikan sebagai rekomendasi bisnis ringan untuk Anda pertimbangkan.
Related Posts