taupasar.com

we read, we create and we share it.

5 Tips Menjadi Youtuber Gaming Sukses untuk Pemula

5 Tips Menjadi Youtuber Gaming Sukses untuk Pemula

Siapa bilang menjadi YouTuber gaming adalah sesuatu yang mustahil bagi kamu, para pemula? Atau ada yang berpikir bahwa keinginan tersebut terlalu sulit? Tentu saja akan sulit jika Kamu hanya berangan-angan dan tidak segera bergegas untuk memulai.

tips agar jadi youtuber gaming sukses

Segala  mimpi di dunia ini memiliki cara untuk digapai. Pertanyaannya, apakah kamu sudah berusaha untuk melaksanakan cara tersebut? pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang 5 tips menjadi youtuber gaming sukses untuk pemula. 

Bayangkan, dengan 5 langkah saja Kamu sudah berpeluang untuk mendapatkan puluhan juta rupiah dari menjadi seorang youtuber gaming. Sebelum semakin penasaran, langsung saja berikut uraiannya:

Mengapa Menjadi YouTuber Gaming?

1. Tentukan Dulu Tema Channel Youtube

Ibarat membuat sebuah rumah, menentukan tema adalah bagian memasang pondasi bangunan. Tema mencakup konsep video apa yang akan Kamu tampilkan, apa ciri khas channel tersebut, lingkup apa saja atas konten yang dibuat, misalnya bercerita tentang mengapa menjadi YouTuber Gaming? atau lainnya.

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan Kamu sudah selesai di tahap ini. Jika tema belum mantap, bisa dikatakan masa depan channel tersebut masih terombang-ambing. Sebaliknya, ketika tema video sudah mantap, perjalanan channel tersebut pasti akan semakin mudah.

Misalkan saja, kamu berencana untuk membahas satu jenis game terlebih dahulu di channel tersebut secara mendalam. Kamu memilih membahas tentang PUBG Mobile. Beberapa aspek yang bisa Kamu bahas diantaranya senjata PUBG Mobile, rekomendasi skin terbaik di PUBG Mobile, review senjata, dan lain sebagainya.

2. Buatlah Rencana Konten di Youtube

Salah satu konsekuensi menjadi seorang youtuber sukses adalah, Kamu harus mengupload konten secara rutin dan sesering mungkin. Sederhananya, buatkan jadwal sederhana pada hari apa saja memposting video dan daftar konten nya selama beberapa hari ke depan.

Semakin rutin dan sering memposting konten, semakin besar pula kemungkinan channel tersebut masuk dalam daftar video tertinggi di kolom pencarian Anda. Oleh karena itu, persiapkan daftar konten matang-matang agar perkembangan channel semakin pesat.

3. Mulai Membuat Video

Setelah berkutat dalam dunia konsep seperti dua poin diatas, kini sampailah pada tahap action atau pengerjaan video. Disini, Anda mulai membuat video Youtube ketika Anda sedang bermain game. Hal-hal teknis seperti peralatan dan penggunaan alat video harus dipersiapkan dengan baik.

Apa saja peralatan yang diperlukan untuk merekam content gaming di Youtube?

1. PC untuk bermain game 

2. Software rekam layar 

Software rekan layar atau ‘in game’ di PC. Fungsinya untuk merekam layar selama Kamu bermain.

3. Kamera

Kamera untuk merekam ekspresi atau respon Kamu ketika bermain game. Aspek ini memang opsional, namun sangat mendukung video kamu menjadi nampak semakin menarik. Terutama apabila kamu memiliki mimik muka yang ekspresif atau ciri khas tertentu. 

Kamera yang digunakan bisa merekam game android, kamera pocket, DSLR, atau mirrorless. Yang terpenting gambar bisa jelas sehingga tidak merusak tampilan video seluruhnya.

4.Alat rekam audio 

Untuk merekam suara Kamu selama bermain game. Menangkap ketegangan atau bahkan teriakan kemenangan dan kegagalan ketika kamu sedang bermain. Efek suara sangat penting bagi video Gaming di Youtube karena mempengaruhi emosional penonton.

5. Aplikasi / software edit video

Sebelum di publish, tentu video Kamu sedikit atau banyak, perlu di edit terlebih dahulu. Tujuannya agar tampilan lebih rapi, tertata, dan enak dipandang. Oleh karena itulah Kamu membutuhkan software edit video yang support dan sesuai dengan kemampuanmu.

6.Kuota internet / Wifi

Tentu mustahil untuk disangkal lagi aspek yang satu ini. Selama proses pembuatan video-editing-posting, Kamu tidak dapat lepas dari kebutuhan terhadap jaringan internet atau wifi. Inilah sebabnya, penggunaan wifi sangat disarankan karena lebih hemat dan cepat.

4. Buat Video yang Unik dan Berbeda

Sebagaimana sempat disinggung diatas, buatlah video yang unik dan memiliki ciri khas. Berikan penonton alasan untuk memilih video Anda dibandingkan video Youtube gaming lainnya. Jika dari awal Anda tidak memiliki konsep pembeda, perkembangan channel akan terhambat. 

5. Gencarkan Promosi Channel Youtube 

Langkah terakhir, gencarkan promosi channel youtube. Ada banyak jalan alternatif untuk mempromosikan channel youtube, misalnya melalui ajakan subscribe kepada teman-teman gaming, masuk ke komunitasnya di media sosial. memanfaatkan iklan berbayar, menggunakan situs penambah subscriber, dll.

Intinya ialah, selalu ada jalan menuju roma. 5 tips menjadi youtuber gaming sukses untuk pemula ini bisa menjadi perantara Kamu untuk sukses berkiprah dalam dunia Youtube Gaming. Semangat mencoba. 

Penulis: Hanifah Saifuddin

Related Posts