taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Perbedaan JET dan J&T Express, Mana yang Lebih Baik?

7 Perbedaan JET dan J&T Express, Perlu Kamu Ketahui

Saat ini jasa pengiriman paket terus bertambah khususnya di Indonesia. Bahkan karena saking banyaknya, ada beberapa perusahaan yang bergerak pada bidang pengiriman memiliki logo yang hampir mirip. Bahkan tidak sedikit pula orang yang mengira bahwa kedua perusahaan tersebut sama, yaitu J&T dan JET.

perbedaan antara JET dan J&T express

Kedua perusahaan ini memiliki ciri yang sama, mulai dari yang sama-sama identik berwarna merah, pelayanan yang disediakan hampir sama, hingga jumlah testimoni positif yang di dapat dari konsumennya juga hampir sama antara konsumen satu dengan konsumen lainnya.

Sebenarnya kedua perusahaan tadi merupakan perusahaan yang berbeda. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang perbedaan JET dengan J&T. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai kedua perusahaan tersebut, langsung simak saja ulasan di bawah ini.

Perbedaan JET dengan J&T

Apabila Anda menginginkan untuk berlangganan dengan salah satu dari dua perusahaan jasa pengiriman ini, maka Anda harus dapat membedakan keduanya. Karena dengan itulah, Anda dapat mempertimbangkan melalui kelebihan yang diunggulkan oleh mereka masing-masing. Berikut ini perbedaan yang sangat terlihat dari kedua jasa pengiriman tersebut yaitu:

1. Desain Logo Berbeda

Kedua ekspedisi ini sama-sama menggunakan warna merah untuk logonya. Namun, apabila dilihat lebih rinci maka sebenarnya ada beberapa perbedaan yang dimiliki logonya.

Pada logo JET Express terdapat ciri khas huruf J yang lengkungannya lebih ke bagian depan, sedangkan pada J&T huruf J nampak lebih tajam dan terbentuk sudut siku-siku. Untuk gaya tulisan express pada J&T menggunakan huruf kapital semuanya, sedangkan JET tulisan expressnya menggunakan huruf kecil.

2. Segi Tampilan Agen

Jika dilihat dari segi tampilan agennya, agen J&T akan terlihat lebih mewah karena pada agen tersebut menggunakan billboard yang berukuran besar dan nampak apabila dilihat dari jauh. Selain itu, terdapat ciri khas lain pada billboardnya yakni biasanya akan terdapat gambar Dedy Corbuzier yang merupakan brand ambassador agar bisa menarik minat pelanggan.

Sedangkan billboard agen JET Express terlihat lebih sederhana hanya dengan menggunakan neon box yang berukuran kecil dan kadang sulit untuk dilihat dari jauh. Tampilannya juga sederhana hanya terdapat logo tulisan dan alamat website yang berukuran kecil di bagian bawahnya.

3. Halaman Website dan Aplikasi

Kedua jasa pengiriman ini (JET Express dan J&T) memiliki halaman website resmi masing-masing dan juga memiliki aplikasi untuk Android. Aplikas dan halaman websitenya hampir sama karena sama-sama didominasi warna merah. Yang menjadi perbedaannya yaitu J&T memiliki navigasi yang ukurannya lebih besar dan juga mudah. 

Alamat websitenya pun berbeda, jika J&T menggunakan alamat jet.co.id sedangkan alamat website JET Express adalah jetexpress.co.id.

4. Alamat Pusat

Perusahaan JET dan J&T memiliki alamat pusat yang berbeda. JET Express memiliki alamat di Jl Lago Gading Serpong, Tangerang. Sedangkan untuk kantor pusah J&T berada di daerah Jakarta Utara, lebih tepatnya berada di jalan Pluit Selatan Raya.

5. Layanan Jenis Paket dan Kecepatan Pengiriman

Seperti yang telah banyak diketahui bahwa J&T merupakan jasa pengiriman yang terkenal dengan kecepatan pelayanannya. Hal ini bisa kita ketahui dari banyaknya pelanggan yang memberikan review demikian. 

Sedangkan untuk ekspedisi JET belum terlalu dikenal saat ini, dan untuk review dari pelanggannya masih sedikit yang mengatakan jika proses pengirimannya cepat. 

Meskipun memiliki kelebihan pengiriman yang cepat, namun J&T juga memiliki kekurangan. Kekurangan yang dimiliki yaitu terdapat pada jenis layanan pengiriman barang yang disediakan. 

Ketika melakukan pengiriman barang langsung ke agennya, maka akan terdapat beberapa yang menolak jenis paket tertentu misalnya seperti frozen food.

Sedangkan untuk JET kelebihannya mereka tidak terlalu memilih jenis paket yang akan dikirimkan. Biasanya, segala jenis paket akan diterima oleh agen ini. Namun, tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

6. Cabang

J&T baru didirikan pada Agustus 2015, namun cabang yang dimiliki sangat banyak di Indonesia. Bahkan hampir semua e-commerce telah melakukan kerja sama dengan perusahaan J&T, sehingga hal inilah yang membuat J&T mudah dikenal oleh banyak masyarakat.

Perusahaan JET didirikan lebih dahulu daripada perusahaan J&T, yakni pada sekitar pertengahan tahun 2015, akan tetapi cabang yang dimiliki masih lebih sedikit. Pada e-commerce kita jarang menjumpai pengiriman JET. Hal inilah yang membuat jumlah pelanggan J&T lebih banyak daripada JET.

7. Layanan dan Fasilitas yang Diberikan kepada Pelanggan

Kedua perusahaan ini memiliki kesamaan untuk layanan dan fasilitas yang diberikan yakni sama-sama terdapat asuransi pada pengiriman paket. Keduanya juga memiliki keunggulan tersedianya layanan penjemputan paket yang memudahkan pelanggannya. Selain itu, perbedaan lainnya yakni:

- J&T memiliki jam operasional 24 jam dan mencapai 365 hari, sedangkan JET tidak.

- J&T tersedia layanan harga reguler dan premium dengan kecepatan pengiriman yang berbeda pula.

- J&T memiliki platform VIP, sendangkan JET tidak.

Demikian informasi tentang perbedaan JET dengan J&T. Perbedaannya didasarkan pada review pengguna yang pernah memakai kedua jasa pengiriman tersebut. 

Akan tetapi, perbedaan-perbedaan yang telah disebutkan tadi belum tentu akan berlaku dalam jangka waktu yang panjang karena pada umumnya akan dilakukan pembaruan dari pusat jika memiliki kekurangan layanan jasa yang dimilikinya.

Apabila tempat tinggal Anda dekat dengan agen JET Express, tidak ada salahnya untuk mencoba jasa kirim ini. Namun, untuk belanja online JET Express jarang ditemui biasanya ekspedisi yang banyak dipakai adalah J&T Express.

itulah informasi perihal perbedaan JET dan J&T express, semoga bermanfaat bagi kamu semua.

Penulis: Rachel 

Editor: Tia

Related Posts