taupasar.com

we read, we create and we share it.

5 Cara Mudah Cari Sponsor Untuk Team E-sport

5 Cara Mudah Cari Sponsor Untuk Team E-sport

Dalam beberapa tahun terakhir, E-sports telah menjadi sebuah hal yang sangat digemari oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia. Setiap tahun, berbagai macam jenis game bar uterus bermunculan. 

sponsor untuk team esport

Game yang memiliki genre FPS, Strategy. RPG, MMORPG, Arcade/Fighting adalah jenis game yang sangat tinggi peminatnya dalam dunia E-sports. Pada awalnya, game E-sports hanya dapat dimainkan di PC dan Console saja. 

Namun, berkat pesatnya perkembangan teknologi, sekarang para gamer dapat memainkan game tersebut melalui smartphone mereka. Seiring cepatnya perkembangan dunia E-sport, banyak bermunculan tim E-sport yang muncul dan dibentuk. 

Tim E-sport ini muncul untuk menunjukan eksistensi dan kepiawaian mereka dalam bermain game. Namun, dikarenakan tim yang bermunculan masih baru, mereka membutuhkan sponsor yang dapat mendukung tim mereka dan membantu mereka bertahan dalam industri game. 

Dengan adanya sponsor, tim dapat beroperasi secara optimal dan maksimal. Berikut adalah cara agar sebuah tim E-sport dapat memperoleh sponsor.

Cara Mendaparkan Sponsor E-sport

1. Buatlah Sebuah Tim E-Sports Yang Terstruktur Dan Terorganisir!

Bayangkan bahwa tim E-sport adalah sebuah perusahaan ataupun organisasi, dalam sebuah perusahaan, dibutuhkan seorang pemimpin, pengurus, dan tentu saja anggota perusahaan. Struktur tim harus jelas, konkrit dan pastikan bahwa struktur itu tertulis. 

Dengan sturktur yang jelas dan terorganisir, sponsor akan percaya dan yakin bahwa tim E-sport tersebut kredibel, dapat dipercaya dan pantas untuk didanai. Adanya struktur kepengurusan juga menunjukan keseriusan tim tersebut dalam industri game. Tanpa adanya struktur yang jelas, akan sulit bagi sponsor untuk mempercayai kredibilitas tim tersebut. 

2. Tentukan Target Tim! 

Memiliki target dan tujuan yang jelas adalah kewajiban bagi sebua tim E-sport. Dengan adanya target dan tujuan yang jelas, tim E-sport akan memiliki pandangan yang jelas tentang apa yang menjadi tujuan mereka, mereka juga dapat mengetahui apa yang harus mereka lakukan agar tujuan mereka tercapai, tim juga akan menjadi lebih fokus dalam melakukan segala hal. 

Hal ini juga menjadi tanda bahwa tim E-sport memiliki keseriusan tinggi dalam melakukan pekerjaan mereka. Dengan begitu, sponsor akan tertarik dan menganggap tim tersebut adalah tim yang opmtimis dan realistis.  

3. Buatlah Nama, Bangun sebuah Brand!

Nama tim adalah hal penting yang tidak boleh dilupakan. Pastikan bahwa nama tim E-sport memiliki makna. Memiliki nama yang bermakna adalah salah satu bentuk mengeksprsikan keseriusan tim E-sport. Tidak lupa, sertakan nama sponsor di belakang nama tim. 

Dengan begitu, fans dapat mengetahui siapa yang menjadi sponsor tim tersebut. Ketika nama tim sudah terbentuk, akan lebih mudah bagi fans dan sponsor untuk mengingat nama tim. Setelah itu, bangunlah sebuah brand untuk tim tersebut. 

Pastikan tim memiliki brand yang baik, bagi fans maupun sponsor. Ketika nama dan brand sudah terbentuk, eksistensi tim akan diakui.

4. Berperilaku Baik, Jangan Lupakan Attitude! 

Ketika nama dan brand sudah terbentuk, jangan lupa tentang attitude. Di masa sekarang, banyak gamer yang dikeluarkan dari tim tempat mereka bernaung disebabkan oleh kurangnya disiplin dan memliki attitude yang tidak baik. 

Atlit E-sport sabaiknya harus memperhatikan perilaku mereka, pada saat bertanding maupun saat tidak bertanding. Atlit E-sport juga harus memiliki sportivitas yang tinggi, menang atau kalah adalah hal yang lumrah dalam sebuah game. 

Jangan sampai Ketika menang ataupun kalah, atlit E-sport dibutakan oleh kemenangan ataupun kekalahan mereka. Kurangi tindakan yang dirasa tidak penting dalam industri game. Dapat kita saksikan, banyak atlit E-sport yang tersandung kasus seperti skandal, dan kasus besar lainnya. Usahakan untuk hindari hal-hal tersebut. 

Yang terpenting, bangunlah hubungan yang baik kepada fans, sponsor dan tim E-sport lainnya. Ada kalanya berkompetisi, namun ada kalanya juga tim E-sport berdampingan. dengan adanya hubungan yang baik, makan tim E-sport tersebut akan lebih dihormati oleh segala pihak. 

Sponsor juga akan menganggap bahwa tim tersebut memiliki sportivitas, integritas, dan keseriusan yang tinggi. 

5. Tetap Fokus Dalam Bermain Game, Tapi Jangan Lupakan Bisnis! 

Gaming adalah nyawa dari tim E-sport, tapi jangan lupakan tentang bisnis. Pastikan bahwa dalam sebuah tim E-sport terdapat satu atau dua orang yang bertugas untuk mengurus bidang bisnis. 

Orang-orang tersebut bertugas untuk membangun hubungan dan kerja sama yang baik dengan partner bisnis tim tersebut. Orang-orang tersebut juga bertanggung jawab dalam mengembangkan dan mengoptimalkan potensi bisnis tim mereka. 

Tentu saja gaming adalah tujuan utama tim tersebut terbentuk, jadi usahakan antara gaming dan bisnis seimbang agar tim tersebut dapat terus beroperasi dan berkegiatan dengan sebagaimana mestinya. Jangan biarkan atlit mengurusi hal bisnis. 

Para atlit tidak dapat fokus bermain game apabila mereka masih harus mengurusi bisnis. Dengan adanya pembagian tugas yang baik, itu merupakan suatu pertanda bahwa tim tersebut memiliki struktur kepengurusan yang baik dan tergorganisir. Sponsor akan lebih senang denga tim yang memiliki struktur kepengurusan yang baik.

Itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan Ketika sebuah tim E-sport ingin mencari dan mendapatkan sponsor. 

Lima hal diatas sangat krusial dan penting dalam sebuah tim E-sport. Pastikan tim tersebut memiliki lima hal yang sudah disebutkan diatas. Ketika tim E-sport sudah memiliki lima hal diatas, tim tidak perlu risau dan cemas tentang sponsor. 

Sponsor akan dengan sendirinya menghampiri tim tersebut dan dapat dipastikan bahwa mereka ingin menjalin kerja sama dengan tim E-sport tersebut.

Demikian informasi yang bisa diberikan terkait cari sponsor untuk team e-sport, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Penulis: Dhama


Related Posts