taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Cara Promosi Game Android Online, Mudah Dan Efisien

 7 Cara Promosi Game Android Online, Mudah Dan Efisien

Usai sudah proses pembuatan game android anda dari coding hingga menyelesaikan visual-nya. Proses selanjutnya yang akan anda lakukan adalah mempromosikan game android anda secara online. Jika anda sering buka media sosial, anda akan menemukan banyak orang, misalnya seleb di Instagram, mempromosikan produk-produk jualan orang lain. 

promosi game android online

Mungkin anda tertarik melakukan hal yang sama untuk game android anda. Untuk membantu anda mempromosikan game android anda secara online, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan game android anda. 

Cara Promosikan Game Android Online

1. Buat video singkat untuk mempromosikan game android

Untuk menarik perhartian calon pelanggan anda, anda perlu membuat video singkat yang isinya perkenalan produk anda. Kesempatan kali ini anda akan mempromosikan game anda. Cukup buat video singkat berdurasi 15 atau 30 detik yang isinya mempromosikan fitur yang ada, atau menceritakan jalur cerita game tersebut, sudah cukup untuk menarik perhatian. 

2. Promosikan lewat influencer

Ini nih cara yang mungkin anda merasa familier. Anda dapat mempromosikan game anda melalui influencer di Facebook, Instagram, Twitter, atau sosial media lainnya. Pilihlah influencer yang memiliki audiens yang sesuai dengan tema game android yang anda buat. 

Memilih audiens yang tepat akan membuat promosi yang anda lakukan menjadi lebih efektif. Influencer yang lebih besar akan menerima penawaran anda untuk keuntungan uang sebagai imbalan atas promosi, tetapi influencer yang lebih kecil akan benar-benar menghargai game Anda dan apa yang Anda hasilkan seringkali bisa lebih bermanfaat.

3. Upload game android ke Product Hunt

Product Hunt adalah situs kurasi sosial yang berisi produk buatan baru yang segar setiap hari. Situs ini merupakan tempat untuk menemukan inovasi terbaru yang dibicarakan semua orang termasuk aplikasi dan game baru. Dengan mengupload game anda ke Product Hunt, pengguna lain dapat memberi nilai untuk setiap produk. 

Jika anda membuat game yang menarik, Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk ditampilkan di kategori game atau bahkan di beranda. Ditampilkan di beranda merupakan kesempatan berharga untuk mempromosikan game android anda. 

4. Gabung dengan grup di sosial media

Bergabunglah dengan diskusi di grup media sosial dan komunitas untuk sesama pengembang game. Ini adalah tempat yang bagus jika Anda ingin meningkatkan eksposur game Anda. Anda dapat menemukan grup ini sebagian besar di Facebook, Google Plus, Reddit, atau Kaskus. 

Membangun atau bergabung dengan grup dengan minat yang sama sangat menguntungkan. Anda bisa mendapatkan kritik untuk mengembangkan game anda. Jika anda masih dalam tahap pengembangan dan ingin membuat grup yang membahas game anda, anda akan mendapatkan calon pembeli dengan mudah. 

Beberapa game yang sekarang sedang dalam proses pengembangan, membuat group chat di media sosial seperti discord untuk membahas fitur apa yang muncul di game anda. Interaksi ini akan membuat pembuat game dan calon pembeli. 

5. Lakukan promosi silang 

Jika anda sudah bergabung dalam grup di media sosial, anda akan bertemu dengan banyak pembuat game yang lain. Cara untuk mempromosikan game anda adalah bekerja sama dengan mereka dan mempromosikan game satu sama lain. 

Promosi bisa dilakukan di akun sosial media satu sama lain atau dengan menulisnya di website masing-masing. Jika anda baru memulai dengan hanya satu game, Anda dapat mencoba menjangkau pengembang lain dengan game yang menargetkan jenis game yang sama dengan Anda. Tawarkan mereka kerjasama dengan melakukan lintas promosi yang akan menguntungkan kedua belah pihak.

6. Promosikan lewat website anda

Buatlah situs website yang mudah diakses, menarik, dan informatif. Website anda dapat berisi informasi apapun yang dapat membuat pembaca merasa tertarik dengan game anda. Hal penting yang dapat anda cantumkan di website anda adalah: nama dan ikon game, platform game, video promosi, testimonial, review, tangkapan layar dalam game, kontak anda, dan tautan media sosial anda. 

Setelah situs game Anda selesai, hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat tulisan blog di website anda. Cara ini adalah cara terbaik untuk memposting berita tentang pembaruan game Anda dan untuk berbagi informasi berharga tentang game android dan industri aplikasi. 

Tulis blog sekreatif dan dengan tulisan paling menyenangkan karena artikel blog Anda mungkin dibagikan oleh pembaca dan berakhir di akun media sosial pengguna Anda dan mengarahkan orang ke website Anda. Semakin banyak konten yang Anda bagikan, semakin banyak visibilitas yang bisa game anda dapatkan.

7. Taruh game anda di beberapa toko

Pilihlah beberapa platform untuk game Anda supaya visibilitas game Anda semakin tinggi. Pilihan utama sudah pasti adalah platform Android dan iOS. Dengan teknologi yang sudah tersedia saat ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat game lintas platform. 

Untuk game android tentu saja toko yang menjadi pilihan utama adalah Play Store. Selain itu, pengguna Samsung di Indonesia juga cukup banya, maka menjual game anda di Samsung GalaxyApps cukup efektif untuk menarik pengguna untuk memainkannya. Selain itu ada beberapa tempat yaitu, Amazon Appstore, F-Droid, Yalp Store, dan Aptoide. 

Tentunya ada banyak cara lain untuk mempromosikan game android online anda, tetapi jika Anda memberikan upaya dan sumber daya yang cukup pada strategi promosi yang kami cantumkan di atas, hasilnya akan sangat bermanfaat. 

Ingatlah bahwa konten selalu menjadi raja dan pasti tidak ada yang mengalahkan game yang dibangun dengan baik dan telaten. Fokus pada membangun permainan hebat yang akan disukai pemain dan promosi akan datang dengan mudah. 

Apakah kami melewatkan sesuatu dalam daftar kami di atas? Beri tahu kami dan juga ceritakan pengalaman anda mempromosikan game android anda dibawah!

Itulah informasi yang bisa diberikan, tentunya perihal cara promosi game android online. Semoga bermanfaat. 

Penulis: Dhama

Related Posts