taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ketahuilah Cara Menghitung Diskon Dijamin Tidak Akan Bingung Lagi

Sebagai pembeli pasti kamu akan sangat tertarik jika suatu produk sedang mengadakan penawaran diskon atau potongan harga, apalagi jenis produk tersebut yang banyak dicari kamu harus saling bersaing untuk mendapatkannya karena produk bisa cepat habis diburu para pembeli lain.

cara mudah menghitung diskon

Namun jika sebagai penjual diskon merupakan sebuah strategi pemasaran yang banyak dipakai dan cukup jitu dalam menaikkan jumlah penjualan, dalam pemberian diskon ini harus diperhitungkan dengan matang besarannya dan waktu atau momen yang tepat untuk membuat penawaran tersebut.untuk mengetahui lebih jelas mengenai diskon, cara menghitung diskon simak ulasan berikut ini :

Apa itu Diskon? 

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Diskon adalah potongan harga, lebih lengkap lagi diskon adalah pengurangan harga yang diberikan penjual kepada pembeli untuk sebuah transaksi baik barang ataupun jasa dan biasanya potongan tersebut berbentuk persentase.

Dibidang keuangan atau perbankan diskon merupakan potongan bunga bagi para nasabah yang melakukan peminjaman uang disebuah bank.

baca juga: cara menghitung bunga deposito

Sebagai penjual dengan memberikan penawaran diskon tersebut diharapkan penjualan produk akan terus bertambah dan bisa menarik pelanggan baru, namun sebagai pembeli kamu harus jeli dalam berbelanja barang diskon tersebut bisa dengan cara memperhatikan kemasan produk, tanggal kedaluarsa dan kualitas barang.

Jenis-jenis Diskon

Ada berbagai macam jenis penawaran diskon yang ditawarkan oleh toko offline maupun online, berikut ini adalah jenis diskon yang perlu kamu ketahui

1.Diskon persentase

Diskon dengan persentase ini sangat sering dijumpai baik di toko online maupun offline besarannya pun variatif biasanya mulai dari 10% sampai 50%, diskon persentase ini sangatlah bermanfaat bagi penjual karena bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan barang yang kurang laris.

2. Diskon pengurangan harga

Dalam penerapan diskon pengurangan harga ini biasanya penjual membuat minimal jumlah belanja untuk mendapatkan diskon potongan harga, misalnya jika kamu berbelanja sebesar Rp.250.000 maka akan mendapatkan potongan harga sebesar Rp.25.000.

Atau seperti kamu sedang berbelanja di minimarket dengan minimal belanja Rp.50.000 kamu bisa mendapatkan keuntungan tebus produk lain lebih murah, cara ini cukup jitu untuk menambah penjualan produk sekaligus mempromosikan produk baru.

3. Diskon member

Diskon member adalah diskon khusus yang diberikan hanya kepada pemilik kartu keanggotaan atau member, sekaligus sebagai reward atau penghargaan kepada pelanggan setia yang sudah loyal berbelanja.

4. Diskon up to

Diskon up to ini sangat sering mengecoh pembeli yang tidak jeli karena hanya melihat jumlah diskon yang paling besar saja, padahal ada diskon yang beragam melalui potongan harga tersebut

Manfaat Diskon

Dari segi pembeli dengan adanya penawaran diskon ini tentu saja sangat bermanfaat karena dpat menghemat uang belanja dan sisanya bisa dipergunakan untuk pembelian keperluan lainnya.

Dari segi penjual, walaupun dengan memberikan diskon pada produk dapat mengurangi margin keuntungan dari harga sebelumnya, namun dengan menggunakan strategi pemberian diskon ini penjual bisa memdapatkan beragam manfaat berikut ini:

1. Menarik pelanggan baru

Ada beragam cara untuk menarik minat pelanggan baru, pemberian diskon ini salah satunya, karena dengan terus bertambahnya pelanggan baru usaha kamu dipastikan akan terus berkembang.

2. Sebagai cara menghabiskan stok barang

Pasti sudah sering kamu temui di mall atau minimarket misalnya promo cuci gudang atau promo menarik seperti beli 2 produk gratis 1 produk, ini merupakan cara jitu untuk menghabiskan stok barang yang penjualannya minim atau sudah mendekati masa kedaluarsa tapi masih layak untuk dikonsumsi.

3. Meningkatkan penjualan

Dengan adanya penawaran diskon tentu pelanggan akan semakin tertarik dengan produk yang kamu jual karena dengan cara ini kamu bisa memanfaatkan kecenderungan konsumen yang menyukai barang dengan harga murah dan meningkatkan keinginannya untuk berbelanja sehingga penjualanmu akan terus meningkat.

4. Mempertahankan loyalitas pelanggan lama

Semakin banyak panawaran dan reward (penghargaan) yang kamu berikan untuk konsumen setia tokomu maka semakin sulit juga konsumen kamu untuk berpindah langganan ke toko lain.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Pemberian Diskon

Selain cara mengitung diskon dengan tepat dan benar beberapa hal ini harus juga kamu perhatikan agar tujuan dari penawaran diskon kamu bisa tercapai.

1. Manfaatkan momen liburan dan hari tertentu

Pemilihan momen dan waktu yang tepat ini sangatlah penting dan sudah sering di jumpai contohnya di toko online selalu memanfaatkan tanggal kembar disetiap bulannya, atau kamu juga bisa memanfaatkan momen seperti hari raya yang lumayan berpengaruh dalam menaikkan omset kamu.

2. Diskon untuk produk yang kurang diminati

Cara ini merupakan pilihan yang tepat untuk menangani produk toko yang kurang diminati pembeli, dengan cara ini stok barang yang tadinya menumpuk bisa cepat berkurang.

Cara Menghitung Diskon

1. Menghitung diskon A% off

Contoh soal: Dini ingin membeli celana jeans seharga Rp.500.000 disebutkan produk celana jeans tersebut sedang promo diskon sebesar 25% off, berapa jumlah uang yang harus dibayarkan Dini?

Rp.500.000 x 25 : 100 = Rp.125.000

Rp.500.000 - Rp.125.000 = Rp.375.000

Maka jumlah yang harus dibayarkan Dini adalah Rp.375.000

2. Menghitung diskon A% + B% 

Contoh soal: Reva ingin membeli baju gamis dengan harga Rp.300.000 yang saat itu 

sedang di diskon 50& + 20%, berapa rupiah yang harus dibayarkan Reva?

Rp.300.000 x 50% : 100 = Rp.150.000

Rp. 150.000 x 20% : 100 = Rp.30.000

Rp. 300.000 - Rp.150.000 - Rp.30.000 = Rp.120.000

Maka untuk membeli baju gamis tersebut Reva harus membayar sebesar Rp.120.000

Semoga informasi ini bermanfaat.

penulis: Davina
Related Posts