taupasar.com

we read, we create and we share it.

Total Biaya Buka Praktek Bidan Swasta Perseorangan Dengan Analisa Usahanya

Total Biaya Buka Praktek Bidan & Analisa Buka Usaha Praktek Bidan

Bagaimana membuka Bidan Praktek Swasta ?

Bisnis jasa praktik bidan swasta biasanya merupakan usaha yang dijalankan oleh seseorang yang memiliki keahlian atau berprofesi sebagai seorang bidan. Kadangkala usaha praktek bidan yang mereka jalankan bisa menghasilkan pendapatan yang lebih dibandingkan dengan gaji bulanan mereka. 

biaya praktek bidan

Beberapa jasa usaha ini adalah persalinan, imunisasi balita, kesehatan ibu dan anak (KIA) yang meliputi pemeriksaan kehamilan dan pemeriksaan balita tahap awal. Besarnya tarif biasanya disesuaikan dengan kondisi wilayah mereka tinggal dan kesenioritasan yang mencangkup keahlian bidan tersebut.

Konsumen Untuk Praktek Bidan

Jasa praktik bidan swasta, membidik para ibu rumah tangga sebagaitarget pasar. Dari mulai ibu – ibu yang sedang hamil, ibu – ibu yang akan melahirkan, serta ibu – ibu yang sudah memiliki anak. Bayi dan balita yang membutuhkan imunisasi juga bisa menjadi konsumen jasa bidan swasta. 

Ibu hamil biasa memeriksakan kesehatan kandungannya, ibu melahirkan bayinya dengan bantuan bidan, hingga para ibu yang ingin mengimunisasikan bayi mereka ataupun para ibu yang ingin mengikuti program KB.

Info Produksi Untuk Praktek Bidan

Untuk bidan praktek sw produk Kasta di daerah pedesaan tarif yang ditetapkan untuk persalinan sebesar 450.000 sampai 500.000 rupiah. Untuk imuninasi (dalam bentuk paket) ditetapkan tarif seharga 10.000 rupiah. Pemeriksaan kehamilan berkisar antara 17.000 (sudah termasuk pemberian vitamin plus kalsium) dan 25.000 rupiah jika terdapat keluhan seperti batuk dan pilek.

Harga pemeriksaan balita tahap awal sebesar 15.000-20.000 rupiah mencangkup tumbuh kembang balita, gerak motorik dan sensorik apakah sesuai dengan umur balita atau tidak, BB/TB dan pengobatan sementara jika ada keluhan. Namun jika dalam 3 hari tidak ada perubahan akan dilakukan rujukan ke dokter umum ataupun spesialis.

Pelayanannya-pun semakin hari semakin inovatif. Ada bidan yang memberikan tambahan pelayanan dengan menjemput pasien yang akan melahirkan. Tidak hanya sebatas itu, si pasienpun diantar pulang setelah proses persalinan.

Jasa Persalinan Bidan

Pengguna layanan jasa praktek bidan swasta ini adalah ibu hamil, anak balita, wanita usia subur, pasangan usia subur dan wanita-wanita yang mengalami masa menopause. Layanan yang paling sering dibutuhkan adalah partus atau persalinan.

Untuk pasien persalinan, pertama-tama biasanya dilakukan amamnesa atau pertanyaan seputar nama dan umur pasien, kapan mulai dirasakan kencang-kencang, kapan mens terakhir dan pemeriksaan BB/TB. Setelah itu dilakukan pemeriksaan umum seperti pemeriksaan tensi, suhu, nadi dan dilihat keadaan umum ibu tersebut apakah dalam kondisi baik atau tidak.

Kemudian dilakukan analisa lengkap dan pemeriksaan obstetri terhadap kandungan tersebut lalu berlanjut ke pemeriksaan dalam. Dan jika memang dirasa kehlahiran akan terjadi dilakukan pemeriksaan sekitar 4 jam sekali jika pembukaan sudah diatas 4.

Pemeriksaan sebelumnya juga harus dilakukan untuk pendeteksian faktor resiko apakah termasuk kehamilan normal atau yang berisiko sehingga dapat dilakukan penanganan untuk mengantisipasi.

Peralatan & Ruang Praktek Bidan

Usaha ini sebenarnya memerlukan peralatan pendukung yang cukup banyak. Peralatan yang digunakan dalam praktek bidan swasta meliputi alat tensi, timbangan injak, timbangan bayi, metlin, dopler, lineks, stetoskop, HB set, partus set, perlak, scoop, sarung tangan dan sepatu boot.

Selain itu, peralatan yang tak kalah pentingnya yang harus dimiliki adalah meja ginekologi, lampu sorot, sterilisator, kateter, tutup rambut, kacamata, isap lendir, sungkup, penjepit tali pusar, haeting set, box bayi, inkubator, kamar VK atau kamar persalinan dan kamar biasa serta harus dilengkapi dengan obat-obatan yang menunjang dan infus.

Untuk ruangan praktek, disarankan minimal mempunyai 4 ruang (kamar). Satu ruang difungsikan sebagai kamar VK (kamar bersalin), satu ruang lagi untuk perawatan dan 2 buah ruang untuk dijadikan kamar ibu hamil setelah bersalin.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah kelengkapan peralatan yang menunjang untuk persalinan dan pemeriksaan ibu dan anak, sterilisasi akan peralatan tersebut dan kebersihan akan 3B yakni bersih alat, bersih tempat dan bersih penolong.

Kelebihan Usaha Praktek Bidan

Kebutuhan masyarakat akan kesehatan masih sangat besar, oleh karena itu bisnis jasa kesehatan masih banyak dibutuhkan. Terutama di daerah – daerah yang masih belum banyak terdapat rumah sakit.

Kekurangan Usaha Praktek Bidan

Kendala yang dirasakan dalam usaha praktek bidan swasta ini biasanya hanya seputar masalah teknis persalinan. Salah satu contohnya adalah anjuran untuk belum saatnya mengejan tapi ternyata pasien tidak mengindahkannya dan tetap mengejan. Tentu hal ini sangat merepotkan apabila bidan tidak terbiasa menangani hal seperti itu.

Selain kendala diatas, untuk jasa praktek bidan swasta yang berada di wilayah pedesaan, kendala yang sering dirasakan adalah apabila ibu hamil tinggal di daerah pegunungan dan jalan menuju daerah tersebut sulit dijangkau. dan hal ini memang sering terjadi, mengingat rata-rata kondisi jalan daerah pedesaan tidak sebagus dan semudah di kota.

Untuk jam praktek, mereka bisa dibilang 24 jam penuh nonstop. Salah satu penyebabnya adalah proses persalinan yang sering tidak bisa diperkirakan. Ini merupakan resiko jika mereka benar-benar terjun di usaha ini.

Pemasaran / Promosi Jasa atau Usaha Praktek Bidan

Jasa bidan praktik swasta biasanya hanya dipromosikan dari mulut ke mulut. Selain itu untuk menginformasikan pelayanan yang ada, bisa menggunakan brosur yang membantu penyampaian informasi layanan jasa bidan tersebut. 

Agar konsumen mengetahui usaha Anda, dapat menggunakan bantuan neon box atau banner  untuk menarik minat konsumen yang tidak sengaja lewat lokasi usaha Anda.

Kunci Sukses

Dalam bisnis jasa, kunci kesuksesannya adalah pelayanan prima bagi para konsumen. Karena konsumen akan menilai pelayanannya, baik dari pelayanan rawat inap maupun palayanan rawat jalan bagi kesehatan ibu dan anak. 

Untuk itu sebaiknya tingkatkan kemampuan Anda dalam memberikan perawatan kepada konsumen, jaga hubungan baik dengan pasien agar mereka senang bila kembali berobat kepada Anda.

Analisa Ekonomi dan Total Biaya Praktek Bidan Swasta

Pemasukan

Asumsi per bulan :

8 orang partus           7 x Rp 600.000,00   = Rp 4.200.000,00

25 balita imunisasi      25 x Rp 10.000,00   = Rp   250.000,00

25 ibu hamil periksa     25 x Rp 20.000,00   = Rp   500.000,00

4 balita per hari     4 x Rp 17.500,00 x 30  = Rp 2.100.000,00

90 orang KB suntik      90 x Rp 15.000,00  = Rp 1.350.000,00 +

Total pemasukan                              = Rp 8.400.000,00

Pengeluaran

Obat dan infuse                              = Rp 1.500.000,00

Suntik KB                                    = Rp   500.000,00

Listrik, air                                 = Rp   300.000,00

Transportasi                                 = Rp   100.000,00

Souvenir                                     = Rp   200.000,00

Gaji pegawai                               = Rp.  900.000,00 +

Total pengeluaran                            = Rp 3.500.000,00

Keuntungan Bersih 

Rp 8.400.000,00 - Rp 3.500.000,00 = Rp 4.900.000,00

 

Penulis : Aristanti E.

Related Posts