taupasar.com

we read, we create and we share it.

10+ Cara Promosi Buku atau Tulisan Sendiri Dengan Menarik dan Sederhana

Cara Promosi Buku atau Tulisan Sendiri

Mempromosikan karya tulis sendiri, baik berupa buku atau tulisan bukanlah sesuatu yang sepenuhnya mudah. Beberapa penulis pemula mungkin akan merasa kurang percaya diri atau malu-malu untuk menawarkan hasil karya mereka. Padahal tentu saja, buah pemikiran adalah sesuatu yang amat membanggakan dan patut diapresiasi.

promosi buku dan tulisan

Banyak kalangan masih merasa bingung bagaimana cara mempromosikan hasil karya tulisan agar tidak nampak sombong atau memaksa. Beberapa yang lain bingung bagaimana membuat pembaca merasa tertarik untuk membeli buku atau menggunakan jasa penulisan Anda.

Kini, tak perlu bingung lagi. Kita akan membahas 10 tips mempromosikan buku atau hasil tulisan yang Kita miliki. Caranya sesungguhnya tidak sulit alias mudah asalkan telaten dan tidak mudah berhenti mencoba.

10 cara promosi buku atau tulisan sendiri

Penasaran bagaimana variasi cara mempromosikan buku atau tulisan sendiri? Berikut ini caranya:

1. Share karya di seluruh laman sosial media Anda

Untuk melakukan promosi buku baru, tentu Anda memerlukan semacam pamflet yang menginformasikan hal tersebut. Isi pamflet bisa meliputi gambar buku, sinopsis, pengarang, deskripsi buku, harga, dan alamat pemesanan. 

Juga sudah demikian, akan mudah saja bagi Anda untuk memasang penawaran tersebut di seluruh laman media sosial yang Anda dimiliki.

2. Tampilkan sinopsis yang menarik


Mengupload promosi dalam postingan saja tentu tidak cukup. Sebagai penulisnya sendiri, Anda perlu memberikan pengantar pendek yang dapat menarik minat pembacanya untuk membeli. Tuliskan garis besar buku Anda dalam pengantar tersebut, dan lihat bagaimana para pembaca akan meresponnya.  

3. Ikuti grup komunitas menulis atau membaca

Sebagai seorang penulis, berkumpul dengan sesama penulis adalah suatu strategi untuk mengembangkan diri dan memperluas pengalaman. Selain itu, bergabung dengan komunitas membaca juga dapat menjadi sarana bagi Anda untuk mendapatkan calon konsumen potensial bagi buku tersebut.

Komunitas menulis dan pembaca dapat ditemukan secara online maupun offline. Misalkan saja di Facebook, Kita bisa menemukan banyak grup komunitas membaca dan menulis. Inilah kelompok calon konsumen potensial Anda.

4. Buat event launching buku


Acara launching buku dapat menjadi sarana kunci untuk memperkenalkan hasil karya Anda. Dalam acara tersebut, Anda dapat memaparkan apa latar belakang Anda menulis karya tersebut, bagaimana proses buku tersebut dibuat serta pesan-pesan apa saja yang ingin disampaikan didalamnya. 

Tidak hanya sekedar memperkenal karya, pada kesempatan ini penggemar dan pembaca dapat mengenali Anda lebih dalam.

5. Bubuhkan tanda tangan bagi para pembeli pertama

Membubuhkan tanda tangan pada 100 pemesanan buku pertama akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli. Membeli barang secara orisinal dan ditandangani langsung oleh penulisnya tentu merupakan suatu keistimewaan yang langka. 

Demikianlah cara memikat calon pembeli untuk mendapatkan keistimewaan ini.

6. Memanfaatkan orang-orang terdekat

Mempromosikan buku sendiri dengan jumlah pengikut media sosial yang tidak seberapa mungkin akan kurang efektif. Cara mudah dan cepat untuk menjangkau ribuan orang secara bersamaan ialah dengan meminta bantuan kepada keluarga, teman dekat, kerabat, anggota komunitas, hingga kenalan-kenalan Anda yang memiliki banyak pengikut di media sosial.

Dengan trik promosi seperti ini, dijamin peluang untuk mendapatkan lebih banyak menjadi jauh lebih besar.

7. Promosikan tulisan Anda dengan caption menarik


Jika Anda adalah seorang penulis lepas yang sedang mempromosikan keahlian menulis Anda, jangan pernah sungkan untuk memperkenalkan tulisan-tulisan Anda di media sosial. Dalam hal ini, tak perlu ragam tulisan yang terlalu panjang, cukup beberapa paragraf saja asalkan idenya dapat sampai kepada pembaca.

Apabila Anda sudah mempunyai website sendiri (yang juga berfungsi sebagai katalog tulisan), maka tugas Anda adalah menggiring pembaca untuk melihat halaman tersebut. Caranya dengan membuat caption atau pengantar yang menarik sehingga membuat makin banyak orang berminat untuk mengunjungi website Anda.

8. Buka penawaran jasa


Menawarkan jasa menulis artikel juga bisa dilakukan untuk memberitahukan kepada semua orang jika Anda juga sedang menawarkan jasa. Nantinya iklan penawaran ini dapat dipasang di laman-laman media sosial yang dapat menjangkau banyak orang ataupun di private contac calon konsumen potensial.     

Dalam iklan promosi ini, cantumkan juga apa saja pengalaman Anda, topik tulisan apa yang digeluti, harga perkata, link portofolio, serta nomor kontak yang bisa dihubungi.

Mempergunakan media seperti pamflet untuk disebar di media sosial juga bisa menjadi ide bagus untuk menarik minat konsumen, membuat penawaran jasa Anda nampak lebih profesional.

9. Cari informasi langsung dari teman


Banyak orang merasa kesulitan untuk menjalin hubungan kerja dengan seseorang yang sebelumnya sama sekali belum mereka kenal. Biasanya para bos seperti ini kurang berkenan menawarkan pekerjaan melalui website. Alternatifnya ialah dengan mencari informasi secara langsung dari mulut ke mulut.

Untuk mencapai konsumen tipikal ini, jangan ragu untuk menyampaikan profesi Anda kepada teman-teman dan kenalan. Jangan pernah malu mengatakan bahwa Anda seorang freelancer yang siap menerima pemesanan jasa. Jika sudah tinggal tunggu kapan kesempatan itu datang.

10. Buat iklan berbayar


Jika Anda memiliki budget berlebih, memanfaatkan iklan berbayar pada Google akan sangat bermanfaat untuk menjangkau pengguna-pengguna potensial. Iklan berbayar juga identik dengan profesionalitas serta pengalaman. Jadi, jika ada kesempatan, jangan sampai melewatkannya.

Demikian 10 tips promosi untuk menawarkan buku dan tulisan Anda. Profesi penulis digadang-gadang memiliki prospek tinggi di masa depan. Oleh karena itu, jangan pernah patah semangat untuk mencari penghasilan dari menulis.
       
Penulis : Hanifah

Related Posts