taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tips Staycation Dengan Budget Minimal Experience Maximal

Inilah Tips Staycation Dengan Budget Minimal Experience Maximal

Kata siapa, liburan yang mengesankan harus pergi jauh?

Karena adanya berbagai kesibukan, seperti pekerjaan atau tugas sekolah dan kuliah, banyak orang mulai mengubah aktifitas berlibur mereka. Belum lagi kondisi pandemi yang sedang melanda saat ini, akses ke luar kota dan tempat wisata menjadi sangat terbatas. Mau tak mau, staycation mulai banyak menjadi pilihan.

staycation adalah

Staycation merujuk kepada liburan yang dilaksanakan di rumah atau di sekitar rumah. Mudahnya dapat dikatakan, liburan di kota sendiri. Staycation dapat di lakukan di taman kota, wisata alam, mall, bahkan di halaman belakang rumah. Prinsip staycation lebih kepada refreshing otak dan pikiran, sehingga dapat dilakukan dimanapun, asal membuat Kita rileks.

Tips Memilih Hotel Staycation

Salah satu tips mewujudkan tujuan ‘budget minimal experience maximal’ dalam staycation, salah satunya dengan memilih hotel sebagai destinasi. Banyak orang sudah membuktikan strategi staycation ini, dimana berlibur terasa sangat menyenangkan, bahkan ketika terlelap. Namun demikian, tidak sembarang  hotel dapat digunakan untuk mendapat kesan mendalam.

Berikut beberapa tips untuk memilih hotel staycation:

1. Hotel dengan view alam murni


Suasana alam yang sejuk dan asri akan selalu dapat membawa Anda dalam ketenangan jiwa. Faktor ini pula yang menyebabkan banyak investor berbondong-bondong membangun vila atau hotel dengan nuansa naturalis dan berlokasi sangat dekat dengan tebing, air terjun, bukit, dan lain sejenisnya.

Hotel dengan nuansa alam sangat cocok digunakan sebagai destinasi staycation. Apalagi jika kamar tersebut dibekali dengan balkon yang luas dan berhadapan langsung dengan alam bebas,  rasanya rugi apabila tidak mengadakan piknik kecil-kecilan disana. Menyenangkan, bukan?

2. Memiliki arena berlibur

Arena berlibur yang dimaksud disini misalnya, kolam air hangat, taman bermain anak, atau lapangan untuk berolahraga. Misalkan Anda memiliki waktu liburan sebanyak 2 hari, tentu Anda membutuhkan aktifitas lain untuk mengisi waktu liburan. Jika malas harus keluar hotel, spot-spot hotel ini dapat dimanfaatkan.

3. Hotel dengan ukuran kamar sesuai


Pastikan terlebih dahulu ada berapa anggota keluarga yang akan berangkat berlibur sebelum memesan kamar. Kamar hotel yang terlalu sesak mungkin dapat mempengaruhi mood liburan Anda. Untuk mengetahui kapasitas kamar, Anda dapat cek di layanan aplikasi booking hotel seperti Traveloka.

Penyesuaian ukuran kamar ini pada dasarnya juga dalam rangka menghemat pengeluaran Anda. Tentu saja, liburan bukanlah momen untuk menghambur-hamburkan isi tabungan. Jadi tetap manage keuangan Anda dengan seefektif mungkin.

4. Lokasi tidak berdekatan dengan tempat kerja


Ketika liburan, Anda harus menyisihkan terlebih dahulu beban pikiran seperti pekerjaan kantor, masalah keluarga. masalah keuangan, dan lain sebagainya. Hindari membawa barang-barang yang berkaitan dengan pekerjaan seperti laptop atau ipad. Jadikan momentum staycation benar-benar berkesan pada diri sendiri dan keluarga.

Untuk itu, hindari segala hal yang bisa mengingatkan Anda pada beban pikiran. Salah satunya dengan memandang bangunan tempat kerja. Kalau perlu pilih lokasi yang ada di pelosok kota, asalkan bisa membuat Anda lupa dengan beban kerja.

Sesungguhnya, ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari staycation. Diantaranya, lebih hemat biaya transportasi dan akomodasi, tidak terlalu capek menempuh perjalanan panjang, tidak perlu membawa barang terlalu banyak, hingga menghidupkan pariwisata lokal.

Empat tips diatas akan mengantarkan Anda kepada pengalaman staycation yang paling berkesan dan menyenangkan meski dengan budget minimalis. Staycation masih memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai hobi, seperti olahraga, melukis, dan lain sebagainya.

Selain itu, staycation juga bisa dilakukan secara privat dengan pasangan, mode keluarga, hingga beramai-ramai. Dijamin dengan pilihan hotel dan destinasi yang tepat, staycation bisa jadi momentum tak terlupakan. Jadi, tunggu apalagi? Segera pesan hotelmu sekarang.  

Penulis : Hanifah

Related Posts