taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Menjual Foto di Shutterstock Mudah dan Menguntungkan

Cara menjual foto di Shutterstock – Shutterstock merupakan sebuah situs microstock paling favorit dengan jangkauan marketplace luas serta tingkat penjualan tinggi. Situs ini memiliki keamanan terjamin yang mana pembelian foto menggunakan uang dollar. Bayangkan saja, jika Anda memiliki banyak foto keren, maka ada banyak dollar yang bisa masuk ke dalam kantong.

cara mendapatkan uang dari stutterstock

Bagi Anda yang memiliki hobi atau bekerja di bidang fotografi, maka bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak ada batasan usia atau pekerjaan, daripada foto hasil jepretan hanya diam di dalam galeri, lebih baik Anda jual serta mendapatkan untung dari sana.

Inilah Cara Menjual Foto di Shutterstock Paling Mudah, Dijamin Menguntungkan


Di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika akan mengunggah atau berjualan foto di Shutterstock, yaitu seperti berikut ini.   

1.Siapkan Beberapa Perlengkapan Daftar

Untuk bisa menjual foto di Shutterstock, Anda perlu membuat akun disana terlebih dahulu agar bisa mengupload hasil karya sendiri. Sebelum masuk ke dalam website resminya, pastikan Anda mempersiapkan beberapa hal seperti, email dalam bentuk Yahoo, G-mail dan sejenisnya. Lalu, passport untuk melakukan verifikasi akun. Kemudian, satu buah foto dengan kualitas paling baik dan metode pembayaran yang bisa digunakan, boleh itu menggunakan Paypall, Moneyskrill dan Payoneer.

2. Mengunjungi Situs Untuk Pendaftaran

Setelah mempersiapkan semua hal atau perlengkapan di atas, Anda bisa mengakses situsnya langsung dari mesin pencarian. Jika sudah masuk ke dalam situs dan ingin melakukan sign up, pastikan Anda masuk dengan menggunakan link referral yang ada disana agar bisa mendaftar sebagai seller.

3. Isi Data Formulir dengan Lengkap

Ketika Anda sudah klik sign up, Anda akan diberikan sebuah formulir pendaftaran yang harus diisi dengan jujur dan lengkap. Beberapa kolom data itu diantaranya, pengisian nama lengkap, nama panggilan, serta password atau kata sandi. 
 
Untuk membuat password, pastikan Anda menggunakan perpaduan angka, huruf besar dan huruf kecil. Jika sudah, silakan klik next untuk melakukan proses selanjutnya.

4. Lakukan Verifikasi Email

Pada tahapan ini, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi alamat email yang sudah dimasukkan. Silakan untuk klik tulisan berwarna biru, sehingga Anda akan mendapatkan konfirmasi bahwa email yang dimiliki sudah terverifikasi.

Selanjutnya, Anda akan diarahkan kembali kepada pengisian data formulir. Beberapa data yang akan diisi terdiri dari, pengisian asal negara, alamat lengkap, kota, kode pos, dan provinsi. Setelah diisi semua serta tidak ada yang terlewat, Anda bisa langsung klik next untuk mengisi data yang lain.

5. Upload Karya Buatan Anda

Pengisian data terakhir adalah Anda harus melakukan upload passport, KTP atau SIM. Bagi warga Indonesia yang ingin menjual karya foto-nya disini, maka wajib menggunakan passport agar bisa di scan dalam kolom Your ID. Setelah berhasil melakukan scan tersebut, saatnya Anda melakukan pengupload-an foto hasil karya jepretan terbaik yang dimiliki.

Cara menjual foto di Shutterstock terbilang mudah, namun sulit karena ada beberapa hal yang mesti dilakukan. Tetapi, jika Anda sudah terbiasa melakukan penguploadan maksimal 3 hari dalam seminggu, maka akan menjadi mudah dan tidak ada perasaan sulit sedikit pun.

Tips Upload Gambar di Shutterstock Mudah

Untuk proses penguploadan foto, Anda perlu menyiapkan 10 foto pertama yang sudah dipilih dan paling terbaik untuk dijual. Setelah semua foto tersebut berhasil di upload, saatnya Anda mengisi deskripsi dengan menggunakan keyword minimal 7 kata kunci.

Setelah itu, akan ada dua kategori yaitu, kategori satu dan kategori dua yang harus Anda lengkapi juga. Jika 10 foto tersebut sudah dilengkapi dengan baik, Anda bisa langsung melakukan submit melalui klik tulisan ‘Submit for Review’.

Proses upload akan diselesaikan pada waktu itu juga dan Anda akan diminta untuk menunggu selama minimal 3 hari dan maksimal 1 minggu. Proses ini dilakukan untuk me-review gambar serta verifikasi ID dan karya yang sudah di upload.

Apabila ada yang membeli karya Anda, maka sistem yang digunakan adalah free loyalty dengan lisensi utama tetap dari Anda. sehingga, setiap orang bebas menggunakan foto yang sudah Anda upload dengan lisensi atau hak cipta tetap ada pada diri Anda.

Banyak para fotografer atau sekadar pemilik hobi fotografi yang menjual karya terbaik mereka di Shutterstock. Hal ini dikarenakan marketplace yang luas, sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkan dollar sebanyak mungkin.

Itulah informasi lengkap mengenai cara menjual foto di Shutterstock yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Tidak perlu menunggu waktu lama, ketika foto yang Anda upload memiliki nilai jual tinggi, maka dollar akan dengan mudah berdatangan kepada Anda untuk membeli foto yang sudah di posting atau upload. Jadi, jangan biarkan foto-foto hasil jepretan indah disimpan terus dalam hardisk, ya.

Penulis : Yuliawanti Dewi
Related Posts