taupasar.com

we read, we create and we share it.

Memahami Jenis dan Kandungan Vaksin Serta Pentingnya Vaksinasi Bagi Orang Dewasa

Memahami Jenis dan Kandungan Vaksin Serta Pentingnya Vaksinasi Bagi Orang Dewasa

Istilah vaksin saat ini mungkin menjadi salah satu isu yang mungkin lebih sering kita dengar ketimbang tahun – tahun sebelumnya. Berita tentang vaksin dalam kondisi seperti ini hampir selalu menghiasi tajuk berbagai media. Namun apakah kita sudah tahu sebenarnya vaksin itu apa?

vaksin dewasa surabaya
Pentingnya Vaksin - Credit : Pixels

Vaksin adalah senyawa atau zat yang mempunyai fungsi untuk membentuk kekebalan pada tubuh manusia terhadap suatu penyakit. Di dunia kesehatan sendiri, terdapat banyak jenis vaksin yang masing-masing dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai macam penyakit berbahaya. Vaksinasi atau proses pemberian vaksin biasanya  diberikan saat masih balita hingga dewasa.

Nah, sebuah Vaksin biasanya mengandung bakteri atau virus penyebab sebuah penyakit yang telah dilemahkan. Begitu  masuk ke dalam tubuh, vaksin akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibody. Antibodi inilah yang digunakan untuk menangkal penyakit.

Pentingnya Vaksin Bagi Orang Dewasa Untuk Mencegah Penyakit

Manfaat vaksin tidak hanya untuk balita dan anak-anak saja. Orang dewasa pun tetap membutuhkan vaksin. Bahkan anjuran vaksin ini pun telah digaungkan sejak lama. Tidak hanya praktisi kesehatan, bahkan aplikasi kesehatan seperti Halodoc pun gencar menggaungkan  pentingnya vaksin untuk mencegah adanya penyakit berbahaya bagi orang dewasa. 

vaksin adalah
Vaksinansi Orang Dewasa - Credit : Pixels

Mungkin saat ini sering kita dengan istilah Vaksin Dewasa. Vaksin Dewasa adalah frase singkat untuk menyebut jenis vaksin yang memang diberikan atau dibutuhkan untuk seseorang yang sudah menginjak usia dewasa. 

Berbagai macam informasi tentang vaksin dan manfaatnya dengan mudah didapatkan pada website Halodoc tersebut. Karena bagi orang dewasa, biasanya anjuran vaksin cenderung diabaikan. Padahal, sangat diajurkan untuk dilakukan terutama dalam keadaan tertentu, misalnya sebagai berikut.

  • Sedang hamil. Ibu hamil wajib mendapatkan vaksin  hepatitis untuk mencegah agar bayi tidak mengidap hepatitis yang membahayakan.
  • Daya tahan tubuh yang lemah, misalnya saja karena riwayat transplantasi organ atau karena menderita HIV.
  • Belum pernah mendapatkan imunisasi wajib saat masih anak-anak sehingga saat dewasa wajib melakukannya.
  • Bekerja di tempat dengan resiko tingga tertular infeksi, seperti di rumah sakit.


Jenis - Jenis Vaksin

Sebelum melakukan vaksinasi ada baiknya apabila mengetahui dahulu tentang jenis vaksin berdasarkan kandungan atau spesifikasi yang terdapat di dalamnya. Untuk itu, mari simak dalam penjelasan berikut ini. 

1.Vaksin Mati

Merupakan jenis vaksin yang tidak aktif yang mengandung bakteri atau virus yang telah dimatikan dengan suhu panas, bahan kimia atau radiasi. Proses yang dilewati ini membuat vaksin tetap hidup, tetapi tidak dapat menyebabkan penyakit di dalam tubuh.

Efeknya  tubuh mendapatkan kekebalan tanpa adanya resiko terinveksi kuman yang terkandung dalam vaksin tersebut. Contoh vaksin ini adalah vaksin DPT, flu dan polio.

2.Vaksin Hidup

Jenis vaksin selanjutnya adalah vaksin hidup, dimana bakteri atau virus yang terkandung tidak dimatikan, hanya dilemahkan. Virus dalam vaksin tersebut tidak menyebabkan penyakit, tapi dapat berkembang biak sehingga merangsang tubuh untuk melakukan reaksi terhadap sistem imun.

Efek dari vaksinasi ini adalah kekebalan tubuh lebih kuat dan perlindungannya lebih lama meskipun vaksin yang diberikan hanya beberapa kali saja. Demikian juga soal perlakuan, agak lebih tricky. Karena vaksin ini juga harus disimpan di lemari pendingin khusus agar virus tetap hidup. Contoh vaksin ini adalah vaksin BCG, cacar air dan MMR.

3. Vaksin Toksoid

Jenis vaksin selanjutnya adalah vaksin toksoid yang berfungsi untuk menangkal efek racun dari sebuah bakteri. Pembuatan vaksin ini sendiri mengambil racun bakteri untuk kandungannya yang diolah secara khusus sehingga tidak berbahaya bagi tubuh. Contoh vaksin ini adalah vaksin difteri.

4. Vaksin Biosintetik

Vaksin jenis ini mengandung antigen yang diolah secara khusus hingga menyerupai bakteri atau virus. Bermanfaat untuk memberikan kekebalan tubuh terhadap berbagai jenis virus dalam strain yang sejenis. Selain itu, jenis ini aman digunakan oleh orang yang mengalami gangguan kekebalan tubuh atau sedang menderita penyakit kronis. Misalnya adalah vaksin Hib.

Pada dasarnya vaksinasi atau pemberian vaksin adalah upaya dasar yang efektif untuk mencegah dari risiko penyakit berbahaya yang dapat berujung pada kematian. Oleh karena itu, mendapatkan vaksin adalah hal wajib yang harus dilakukan. Seperti halnya asuransi, dengan adanya vaksin tubuh bisa lebih siap dalam menghadapi kemungkinan terburuk. 

Layanan Vaksin Surabaya dengan Harga Terjangkau

Bagi Anda yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, jika ingin mendapatkan vaksin tidak perlu cemas lagi. Sebab banyak tempat yang menyediakan vaksin dengan harga terjangkau dan bisa dihubungi real time untuk memastikan ketersediaannya. Jadi, bagi yang terkendala dengan harga mahal dan juga masa tunggu yang lama, bisa lebih terakomodasi.  

Vaksinasi kini hadir dengan lebih mudah, ramah dan cepat, agar dapat menjangkau masyarakat luas. Sehingga tidak ada lagi yang tertular penyakit berbahaya karena tidak mendapatkan vaksin sebelumnya. Vaksin Surabaya  menghadirkan berbagai macam jenis vaksin yang dibutuhkan oleh orang dewasa antara lain;

1.Vaksin Influenza

Flu terlihat sepele, tapi bila dibiarkan akan berbahaya karena bisa menyerang saluran pernapasan, pendegaran bahkan dalam kasus tertentu bisa ke otak. Itu lah mengapa vaksin flu diberikan agar sistem kekebalan tubuh dapat meningkat terhadap serangan beberapa strain virus flu yang lazim ada.

2. Pneumonia

Tujuan penting diberikannya vaksinasi ini adalah untuk menurunkan risiko penyakit pneumonia yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus. Orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah biasanya rentan terserang penyakit ini, terlebih lagi dampak yang ditumbulkannya berpotensi sebagai penyakit degeneratif. 

3. Hepatitis A dan B

Tidak hanya balita saja yang wajib melakukan vaksinasi hepatitis, orang dewasa juga perlu mendapatkan perlindungan vaksin hepatitis A dan B. Pada hepatitis A biasanya disebarkan oleh kotoran pengidap dan penularannya melalui makanan. Sedangkan hepatitis B disebabkan oleh virus hepatitis B yang menyebabkan peradangan hati dan akan menjadi kanker hati jika tidak diberikan vaksin atau dibiarkan menahun.

4. HPV

Kanker serviks menjadi penyakit paling mengerikan yang menyerang banyak wanita. Untuk menangkalnya dibutuhkan vaksin HPV agar terhindar dari penyakit ini. Di layanan vaksin Surabaya Anda pun dapat mendapatkan vaksin jenis ini.

5. Difteri dan Tetanus

Tidak hanya balita dan anak-anak saja yang butuh vaksinasi tetanus dan difteri. Orang dewasa pun perlu diberikan vaksin untuk menghindari penularan penyakit ini. Jika saat balita tidak mendapatkan paket vaksin ini, maka ketika dewasa wajib untuk mendapatkan vaksin ini karena sangat mematikan dampaknya.

6. Vaksin Cacar

Pemberian vaksin ini untuk mencegah penyakit cacar yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Seperti halnya vaksin tetanus dan difteri yang telah masuk paket imunisasi ketika balita, jika hingga dewasa belum mendapatkannya, biasanya dokter akan menganjurkan untuk mendapatkan vaksin ini dengan dosis yang berbeda.

7. Vaksin MMR

Penyakit campak dan rubella adalah jenis penyakit yang berbahaya. Dampak yang paling parah dapat menyebabkan kematian. Oleh sebab itu dari anak-anak hingga dewasa wajib untuk mendapatkan vaksin yang satu ini.  Apabila telah mendapatkannya tubuh otomatis akan membentuk antibody untuk melawan penyakit tersebut.

Dari beberapa jenis vaksin tersebut, terdapat beberapa vaksin yang tidak tersedia secara langsung dan memang harus pesan terlebih dahulu. Namun, kemudahan yang diberikan vaksin Surabaya dalam mendapatkan vaksinasi sedikit membantu. Kini tidak hanya klinik atau rumah sakit besar yang menyediakan vaksin. Beberapa layanan kesehatan online pun dapat dimanfaatkan. 

Misalnya  menggunakan aplikasi halodoc.com. Karena dalam aplikasi ini, lengkap terdapat informasi terkait dunia kesehatan, dan ada real chat dengan tenaga medis yang profesional. Sehingga bisa melakukan konsultasi secara online dan mendapatkan informasi lengkap, terpercaya dari ahlinya. Terlebih lagi, aplikasi ini mudah digunakan, dan bisa diunduh di Playstore. Jadi sangat user friendly, privacy terjaga, informasi akurat dan beragam service lain yang mengagumkan. 

 

Penulis    : Narendra Devi

Editor      : Sigit Utomo



Related Posts