-->

Solikhah

CEO Taupasar.

Penjelasan Paid Media, Owned Media dan Earned Media

Paid Media, Owned Media & Earned Media (POE)

Bagi orang marcom(marketing communication) pasti sudah banyak yang kenal istilah Media POE. Istilah POE ini  makin sering digunakan dalam strategi marketing communication seiring dengan perkembangan sosial media yang sangat pesat.

 

paid media adalah
sumber foto : pixels
 

POE Media adalah strategi komunikasi yang berfokus pada bagaimana melakukan integrasi sistem komunikasi dan marketing baik paid maupun owned media  termasuk di dalamnya faktor content komunikasi sehingga menghasilkan earned media.

 

1. Paid Media

Paid media adalah media marketing dimana marketers harus membayar sejumlah uang untuk mengambil manfaat dari media tersebut. Contoh iklan di koran, majalah, radio, di web dengan traffic tinggi, di akun sosmed yang banyak followernya dan lain-lain.

Kelebihan dari media ini adalah jangkauannya yang sangat luas dalam sekali gebrakan promo. Dan jangkauan dari media ini berbanding lurus dengan harga yang akan Anda bayar untuk melakukan iklan di media tersebut.

Kelemahan dari paid Media adalah pola komunikasi yang satu arah (simplex). Dalam konsep marcom modern memang sangat diperlukan feedback dari target audiece sehingga kita bisa melakukan evaluasi efektifitas konten yang kita sampaikan lewat media tersebut.


Jadi tipe media seperti ini paling pas jika tujuan campaign Anda adalah awareness dan reminder. Jangan sekalipun digunakan untuk engagement karena dijamin rugi besar. Secara sekilas dipaparkan bahwa beriklan di paid media membutuhkan modal finansial yang cukup besar tetapi mempunyai dampak yang sangat efektif. 


2. Owned Media

Owned media adalah media yang dibuild  oleh brand sendiri dan contentnya dikontrol oleh media tersebut misalnya corporate website, microsite, blog, FB, twitter FB, fanpage, majalah korporasi. Sederhananya misal merek X atau Y, mereka memiliki web dan sosial media yang dikelola sendiri oleh team mereka tanpa bantuan pihak ketiga, maka bisa disebut perusahaan tersebut memiliki owned media


 3. Earned Media

Earned media adalah ketika para fans atau follower melakukan respon  misalnya melakukan retweet, likes, share dll  terhadap iklan atau content yang disampaikan oleh brand melalui paid media dan owned media. Sehingga earned media adalah para audience, follower, atau customer yang menyebarkan pesan-pesan tersebut sehingga mereka inilah yang mejadi media suatu brand. 

Earned media di masa sebelumnya dasarnya adalah Public Relations yaitu respon media yang menulis tentang suatu brand tetapi saat ini dengan makin maraknya sosial media maka target audience atau konsumen yang bertindak sebagai media. Sama halnya juga dengan word of mouth di masa sebelumnya dikenal sebagai suatu earned media tetapi sifatnya offline.


Saat ini tugas suatu paid dan owned media untuk terjadinya earned media yang memberi dampak positif terhadap brand baik awareness, image, engagement dengan produk dan loyalitas. Dalam hal ini peran content sangatlah menentukan.

Related Posts