Solikhah

CEO Taupasar.

Cash On Delivery Dan Cara Meminimalisir Retur Serta Cancle Order

Cash on delivery atau collect on delivery - COD adalah bentuk transaksi keuangan di mana pembayaran dilakukan setelah barang diantar dan diterima oleh pembeli. Sistem ini saat ini marak digunakan oleh online shop atau market place.

Manfaat utama dari sistem COD adalah kepercayaan dan keaslian. Artinya customer hanya akan membayar produk yang sudah mereka terima dan pastikan semua oke. Itu sebabnya COD menjadi strategi banyak pebisnis karena menawarkan produk yang terjamin.

Cash On Delivery Dan Cara Meminimalisir Retur Serta Cancle Order - Pixels

Namun bagi penjual atau pemilik online shop, cash on delivery ini bukan tanpa masalah. Masalah utamanya adalah batal order dan retur. Retur adalah bentuk pengembalian atau penolakan produk pesanan karena alasan tertentu. Mungkin bagi pelaku bisnis online pernah mendapatkan retur atau cancle seperti ini :

“ Oh iya maaf saya lagi gak dirumah hari ini, kirim balik aja deh”?

“Maaf ya ka, duitnya tiba tiba kepake”?

Bagaimana meminimalisir adanya cancle PO atau retur order saat COD?

1. Konfirmasi data dan pesanan customer


Konfirmasi adalah salah satu hal paling penting untuk dilakukan, karena biasanya setelah buyer isi form maka seller langsung mengirimkan barangnya tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Apakah data diri nya sudah benar dan mereka jadi pesan atau tidak.

konfirmasi pesanan atau order pelanggan - pixels

Tidak ada salahnya menunggu konfirmasi sejenak. Perlu diingat effort pengiriman itu tidak simple. Jadi sangat sayang jika pengiriman gagal karena tidak terkonfirmasi.

2. Follow up Customer


follw up customers - pixels

Setelah barang dikirim, usahakan besoknya cs memfollow up atau mengingatkan customer kalo barang nya sudah dikirim. Berikan no resinya sambil mengingatkan untuk menyiapkan uang cash. Namun perlu dicatat jangan sampai membuat pelanggan kita tidak nyaman. Follow up seperlunya saja.

3. Target iklan ke kota kota besar



Target pasar kota besar - pixels


Jika bicara soal promosi tertarget, mungkin facebook salah satu paling direkomendasikan. Beriklan di facebook kita bisa memilih kota mana yang bisa ditarget. Biasanya kalo kita mentarget ke kota kota besar atau terjangkau untuk COD. Jadi lebih baik jangan seluruh indonesia. Kenapa? akses distribusi nya lebih mudah untuk di trecking.

4. Pantau terus status pengiriman barang

Ini yang paling penting. Setiap harinya kalo perlu ada CS yang bertanggung jawab untuk memantau status pengiriman barang dan menelepon customer ketika di status paket akan dikirim ke penerima. Hal ini efektif sekali untuk meminimalkan pembatalan.

cek pengiriman - pixels

Jangan lupa membuat catatan jika ada retur atau cancle. Data ini  selain untuk memastikan stok barang, juga menjadi referensi apabila ada order serupa dari pelanggan yang sama.

Penulis : Sigit Ardho