Solikhah

CEO Taupasar.

Blue Ocean Strategy | Definisi dan Penjelasan Lengkapnya

Blue ocean strategy adalah istilah dalam ilmu manajemen strategi yang merujuk pada siasat untuk menciptakan pasar baru yang belum dipenuhi persaingan yang ketat. Hal ini dilakukan dengan menciptakan dan menjangkau demand baru yang belum dipikirkan oleh para pesaing.  Blue ocean strategy pada dasarnya merupakan sebuah siasat untuk menaklukan pesaing melalui tawaran fitur produk yang inovatif, dan selama ini diabaikan oleh para pesaing. Fitur produk ini biasanya juga berbeda secara radikal dengan yang selama ini sudah ada di pasar.

Blue Ocean Strategy  adalah strategi yang menjadikan perusahaan untuk keluar dari samudra merah atau biasa disebut red Ocean merupakan bisnis yang banyak persaingan dengan cara membuat inovasi baru atau menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya, dengan demikian kompetisi yang sengit akan tidak ada karena kita menjadi pioner. Strategi samudra biru berfokus pada meningkatkan permintaan dan menghindari dari kompetensi dengan membuat suatu nilai dan keunikan yang berbeda, Strategi bisnis samudera biru merupakan pangsa pasar menguntungkan.blue-ocean-strategy-onderscheiden-of-concurreren

Blue Ocean Strategy - Pixabay
Inovasi adalah dasar Blue Ocean Strategy

Inovasi nilai merupakan cara untuk melaksanakan Strategi bisnis samudera biru yang mengarah untuk penciptaan pasar baru. Penciptaan samudra biru adalah soal menekan biaya untuk meningkatkan nilai bagi pembeli. Karena nilai pembeli berasal dari manfaat dan harga yang akan ditawarkan perusahaan untuk konsumen, dan karena nilai bagi perusahaan yang dihasilkan dari harga dan struktur biaya, maka inovasi nilai tercapai hanya ketika keseluruhan system kegiatan bermanfaat, harga, dan biaya perusahaan akan terpadu dengan tepat.

Inovasi nilai pada Strategi bisnis samudera biru adalah soal strategi yang mencakup seluruh sistem kegiatan yang dilakukan perusahaan. Inovasi nilai membentuk perusahaan untuk mengarahkan seluruh sistem pada tujuan mencapai peningkatan nilai bagi konsumen dan perusahaan itu sendiri.

bahasa, berpikir, berpikir di luar kotak
inovative - pixels

Blue ocean mendorong pelakunya untuk memasuki sebuah arena pasar baru yang potensial, dan yang selama ini “dilupakan” oleh para pesaing. Hal ini tentu berbeda dengan red ocean, dimana semua kompetitor memberikan tawaran fitur produk yang seragam, sama, dan semua saling memperebutkan pasar yang juga sama. Alhasil, yang acap terjadi adalah pertarungan yang berdarah-darah, lantaran arena persaingan diperebutkan oleh para pemain yang menawarkan keseragaman produk dan pendekatan.

Esensi dari strategi blue ocean adalah mengidentifikasi dan mencari potensi pasar baru yang masih belum disadari oleh pemain lain. Dengan demikian suatu perusahaan bisa melenggang sendirian menguasai pasar itu; sebelum para pemain lain menyadarinya.

Prinsip Dasar Blue Ocean Strategi

Prinsip  dasar  yang  dikenalkan  dalam  model  Blue  Ocean  Strategy  ini  adalah mencari daerah baru yang belum dimasuki oleh para pesaing yang sudah ada pada saat ini. Untuk dapat menerapkan Blue Ocean Strategy ini dibutuhkan beberapa hal yaitu menemukan dan membangaun daerah ataupun pasar yang baru, dan kedua adalah mengeksploitasi pasar yang belum dimasuki oleh pesaing dan melindunginya sehingga tidak ada pihak lain yang dapat masuk lagi. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah membuat industri yang sama sekali baru, dan memperlebar jangkauan industri yang dimiliki oleh perusahaan.

Blue ocean strategy pada dasarnya merupakan sebuah siasat untuk menaklukan pesaing melalui tawaran fitur produk yang inovatif, dan selama ini diabaikan oleh para pesaing. Fitur produk ini biasanya juga berbeda secara radikal dengan yang selama ini sudah ada di pasar.

Dengan cara seperti di atas, blue ocean mendorong pelakunya untuk memasuki sebuah arena pasar baru yang potensial, dan yang selama ini “dilupakan” oleh para pesaing. Hal ini tentu berbeda dengan red ocean, di mana semua kompetitor memberikan tawaran fitur produk yang seragam, sama, dan semua saling memperebutkan pasar yang juga sama. Alhasil, yang acap terjadi adalah pertarungan yang sengit, lantaran arena persaingan diperebutkan oleh para pemain yang menawarkan keseragaman produk dan pendekatan.

5 faktor Inti Strategi bisnis samudera biru( Blue Ocean Strategy):
  1. Keluar dari persaingan Red Ocean yang banyak pesaing dan memulai menyelami pada Strategi bisnis samudera biru yang memberikan hasil yang menguntungkan.
  2. Menciptakan Market Space yang baru.
  3. Peningkatan nilai tambah luar biasa pada pelanggan.
  4. Meningkatkan Keuntungan pelanggan yang utama, meminimalisir harga jual, biaya, dan bagaimana mengadaptasikan inovasi barupada keadaan internal maupun extern.
  5. Mempelajari situasi terbaru dalam pasar yang sudah dikenal konsumen.
Hal ini memungkinkan kita untuk memahami di mana kompetisi saat ini sedang terjadi, memahami faktor-faktor apa yang sedang dijadikan ajang kompetisi dalam produk, jasa, dan pengiriman, serta mempelajari apa yang didapat pelanggan dari penawaran kompetitif  yang ada di pasar.

Contoh Penerapan Blue Ocean Strategy


1.Yamaha Mio


Contoh yang paling fenomenal dari dari kisah blue ocean ini misalnya dapat dilihat pada kisah keberhasilan Yamaha dengan skutik Mio-nya. Dulu sebelum motor jenis ini muncul, pasar sepeda motor didominasi oleh jenis konvensional dengan Honda sebagai penguasanya.

Perjalanan Karir Yamaha Mio di Indonesia
yamaha mio pertama - oto.com

Melalui skutik Mio, Yamaha mengintroduksi motor dengan fitur yang berbeda secara radikal dengan produk yang selama ini ada di pasaran. Ia juga segera membidik segmen pasar baru (new market segment) yakni para pelanggan perempuan (female bikers).

Dengan pendekatan blue ocean ini, saat itu praktis Yamaha berenang dalam arena pasar baru, yang tidak ada players lain di dalamnya. Dengan mudah Yamaha memimpin pasar baru itu, dan itu terus bertahan hingga kini. Keberhasilan ini memang fenomenal, sebab melalui Mio-lah, Yamaha kemudian pelan-pelan merangsek singgasana yang sudah puluhan tahun digenggam sang jawara, Honda.

2. IPod

Contoh blue ocean strategy yang juga legendaris adalah drama kemenangan produk iPod dari Apple yang merebut habis pasar musik digital. Produk iPod ini sungguh inovatif, dan sama sekali berbeda dengan produk sebelumnya, seperti walkman atau CD music player yang dikuasai oleh Sony.

Ipod, Headphone, Musik, Melodi
iPod - pixabay
 Digitalisasi musik adalah fitur kunci dari iPod, selain kemudahan penggunaannya. Dengan segera iPod menguasai pasar baru musik digital, dan jauh meninggalkan Sony yang terpuruk dalam debu keterpurukan dan luka kekalahan.

3 Mbah Surip (Alm.)

https://awsimages.detik.net.id/customthumb/2009/06/30/700/mbah-surip-dalam.jpg?w=700&q=90
Mbah surip
 Contoh lain blue ocean strategy yang tak kalah dramatis tentu saja adalah kisah mendiang mbah Surip dengan lagu Tak Gendong-nya. Ketika arena musik tanah air didominasi oleh musik pop yang mendayu-dayu, ia hadir menawarkan produk dengan fitur yang secara radikal berbeda dengan yang selama ini ada di pasaran: sepotong lagu reggae yang jenaka dalam balutan gaya bohemian. Plus selarik tagline yang amat brilian: I love you full. Dengan segera ia menjelma menjadi ikon baru, menciptakan new market space, dan dalam arena ini ia dengan mudah menaklukkan pasar.

Kisah Yamaha Mio, iPod, dan mbah Surip adalah sepenggal kisah tentang bagaimana konsep blue ocean strategy dibentangkan dalam kenyataan. Semua kisah ini selalu diawali dengan kejelian melihat potensi pasar yang selama ini diabaikan oleh para kompetitor. Dan kemudian semuanya segera disertai dengan tawaran produk dengan fitur yang unik, inovatif dan berbeda (different) dengan yang selama ini ada di pasar.

Melalui cara itulah, para pelaku blue ocean strategy kemudian bisa menciptakan ruang pasar baru, menjangkau new market demand dan sekaligus membuat kompetisi menjadi tidak relevan. Atau mungkin lebih tepatnya: mereka kemudian bisa meninggalkan para pesaingnya dalam kekalahan. Mio melesat jauh meninggalkan Honda Beat. iPod membuat produk audio Sony tergeletak dalam ambang kehancuran. Dan nama mbah Surip tiba-tiba melambung dibanding artis lain.

Kesimpulan Blue Ocean Strategy
  1. Blue Ocean Strategy adalah sebuah siasat untuk menaklukan pesaing melalui tawaran fitur produk yang inovatif, dan selama ini diabaikan oleh para pesaing. Saat kita berhasil menciptakan ruang pasar baru maka persaingan menjadi tidak lagi relevan yang jika dikaitkan dengan Segmentasi dan targeting maka kita berhasil membidik pasar dari segmen baru yang belum tergarap oleh siapapun. Pada kondisi ini kita memonopoli pasar tersebut.
  2. Kebalikan dari Blue Ocean adalah Red Ocean di mana kondisi pasar terjadi kompetisi yang sangat ketat dan terjadi price war. Sebagai landasan untuk Create Blue Ocean adalah Company harus melakukan Value Inovation karena tidak selamanya value yang telah kita terapkan akan selalu langgeng, hal ini disebabkan karena adanya competitor yang dapat meniru nilai yang kita bangun.
  3. Value Inovation (Inovasi Nilai) diciptakan melalui penghematan biaya dan Menciptakan Elemen-elemen yang belum ditawarkan oleh industri dengan menggunakan alat Kanvas Strategi   

Referensi

  1. Kim, W. C. & Mauborgne, R. 1997. The value innovation : the strategic logic of high growth. Reprint-97108. Boston : Harvard Business Review
  2. Kim, W. C. & Mauborgne, R. 2005. Blue ocean strategy, How to create uncontested market space and make the competition irrelevant. Boston : Harvard Business School Press.
  3. Kim, W. Chan, dan Mauborgne R. 2014. Blue Ocean Strategy. Jakarta : Serambi Makalah: Blue ocean strategy. Fenomena pada Produk Industri di Indonesia
  4. Kotler, P. 1997. Marketing management, analysis planning implementation and control. New Jersey : Prentice Hall International Inc.