taupasar.com

we read, we create and we share it.

Jenis - Jenis Metode Peramalan (Forecasting) Dalam Ekonomi, Bisnis Maupun Salesmanship

Metode peramalan adalah yang yang sangat penting dalam bisnis. . Keberadaan peramalan sangat penting karena keadaan ekonomi dan dunia usaha tidak statis, tapi selalu bembah. Hal ini disebabkan oieh penekanan maksud dan tujuan dari suatu analisa ekonomi dan kegiatan usaha pemsahaan yang menitik beratkan pada mengkaji situasi dan kondisi yang berlaku sekarang maupun yang telah lalu dan melihat pengaruhnya  pada situasi dan kondisi pada masa yang akan datang.
 
jenis - jenis metode peramalan

Pengertian peramalan atau Forecasting adalah suatu perkiraan tingkat permintaan yang diharapkan untuk suatu produk atau jasa dalam periode waktu tertentu dimasa yang akan datang. Peramalan mempakan kegiatan integral dari pengambilan keputusan manajemen. 
 
Organisasi selalu menentukan sasaran dan tujuan, bemsaha menduga faktor-faktor lingkungan, lalu memilih tindakan yang diharapkan akan menghasilkan pencapaian sasaran dan tujuan tersebut. Kebutuhan akan peramalan meningkat sejalan dengan usaha manajemen untuk mengurangi ketergantungan pada hal-hal yang belum pasti.

Menurut Makridakis beberapa bagian organisasi dimana peramalan kini memainkan peranan penting adalah :
  1. Penjadwalan sumber daya tersedia.
  2. Penjadwalan sumber daya tambahan.
  3. Penjadwalan sumber dayayang diinginkan.
Penggunaan sumber daya yang efisien, salah satunya memerlukan penjadwalan produksi yang baik. Karena dalam penjadwalan produksi ditentukan jumlah produk yang akan diproduksi sehingga dapat diperhitungkan jumlah sumber daya yang dibutuhkan. Salah satu input penting untuk penjadwalan produksi adalah ramalan tingkat permintaan produk.

Fungsi peramalan adalah sebagai suatu dasar bagi perencanaan, seperti perencanaan kapasitas, anggaran, perencanaan produksi dan inventori dsb. Suatu metode peramalan yang baik mempakan suatu syarat untuk memberikan hasil keputusan yang baik pula.

Kebutuhan akan peramalan meningkat seiring dengan usaha pihak manajemen untuk mengurangi ketidakpastian atau resiko bisnis dalam lingkungan yang semakin kompleks dan dinamis (selalu bembah-ubah). Kualitas dari hasil peramalan sangat ditentukan oieh pelaksanaan penyusunannya. Peramalan yang baik adalah peramalan yang dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang baik.

Langkah-langkah untuk melakukan peramalan adalah :

  1. Pengumpulan data masa lalu.
  2. Membuat ploting data.
  3. Melakukan estimasi mode.
  4. Melakukan peramalan.
  5. Melakukan perbandingan.
  6. Peramalan berdasarkan metode yang dipilih.

PrinsiP Dasar Peramalan atau Forecasting

vang perlu dipertimbangkan dalam forecasting adalah :
  1. Secara umum, teknik peramalan berasumsi bahwa sesuatu yang berlandaskan pada sebab yang sama yang terjadi di masa yang lalu, akan berlanjutpada masa yang akan datang.
  2. Peramalan melibatkan kesalahan (error), Peramalan hanya mengurangi ketidakpastian tetapi tidak menghilangkannya.
  3. Peramalan untuk famili produk lebih akurat daripada peramalan untuk produk individu.
  4. Peramalan jangka pendek mengandung ketidakpastian yang lebih sedikit (lebih akurat) daripada peramalan jangka panjang, karena dalam jangka pendek, kondisi yang mempengaruhi permintaan cenderung tetap atau bembah lambat.
  5. Peramalan sebaiknya menggunakan tolok ukur kesalahan peramalan.
  6. Jika dimungkinkan, hitung peramalan daripada meramal permintaan.

 Metode Peramalan atau Forecasting

Metode peramalan (forecasting) terdiri dari metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif adalah metode yang menganalisis kondisi obyektif dengan apa adanya atau peramalan yang didasarkan atas data kualitatif pada masa lalu. Hasil peramalan yang dibuat sangat bergantung pada orang yang menyusunnya. 
 
Peramalan kualitatif memanfaatkan factor-faktor penting seperti intuisi, pendapat, pengalaman pribadi, dan system nilai pengambilan keputusan. Metode ini meliputi metode delphi, metode nominal grup, survey pasar dan analisis historikal analogy and life cycle.

Metode kuantitatif adalah peramalan yang didasarkan atas data kuantitatif atau model matematis yang beragam dengan data masa lalu. Hasil peramalan yang dibuat sangat bergantung pada metode yang dipergunakan dalam peramalan tersebut.

Baik tidaknya metode yang digunakan tergantung dengan perbedaan atau penyimpangan antara hasil ramalan dengan kenyataan yang terjadi. Semakin kecil penyimpangan antara hasil ramalan dengan kenyataan yang akan terjadi maka semakin baik pula metode yang digunakan. Metode kuantitatif dapat diterapkan apabila :

a. Tersedia data dan informasi masa lalu
b. Data dan Informasi tersebut dapat dikuantitatifkan dalam bentuk numerik
c. Diasumsikan beberapa aspek masa lalu akan terus berlanjut di masa datang.

Metode ini meliputi metode kausal dan time series.

A. Metode Time Series

Metode time series (deret waktu) didasarkan atas penggunaan analisa pola hubungan antar variabel yang diperkirakan dengan variabel waktu. Metode time series terdiri dari metode naif, metode rata-rata bergerak (moving average), metode eksponential smoothing dan metode trend projection.
metode peramalan
forecasting : pixabay.com
Metode Naif

Cara sederhana untuk peramalan ini mengasumsikan bahwa permintaan dalam periode berikutnya adalah sama dengan peramalan dalam periode sebelumnya. Pendekatan naif ini merupakan model peramalan objektif yang paling efektif dan efisien dari segi biaya. Paling tidak pen-dekatan naif memberikan titik awal untuk perbandingan dengan model lain yang lebih canggih.
Contoh : jika penjualan sebuah produk (mis: telepon genggam Motorolla) adalah 68 unit pada bulan Januari, kita dapat meramalkan penjualan pada bulan Februari akan sama, yaitu sebanyak 68 unit juga.

• Metode Rata-rata Bergerak (Moving Average)

Rata-rata bergerak adalah suatu metode peramalan yang menggunakan rata-rata periode terakhir data untuk meramalkan periode berikutnya.


Rumus pembobotan rata-rata bergerak


note : Dimana n adalah jumlah periode dalam rata-rata

Metode ini dapat menghaluskan fluktuasi tiba-tiba dalam pola permintaan untuk menghasilkan estimasi yang stabil. Metode ini mempunyai masalah :
1. Meningkatkan ukuran n memang menghaluskan fluktuasi dengan lebih baik tetapi metode ini kurang sensitive untuk perubahan nyata dalam data.  
2. Rata-rata bergerak tidak dapat memanfaatkan trend dengan baik. 
3. Karena merupakan rata-rata, rata-rata bergerak akan selalu berada dalam tingkat masa lalu dan tidak akan memprediksi perubahan ke tingkat yang lebih tinggi maupun yang lebih rendah.
Contoh : Berikut ini adalah contoh penjualan pada supermarket Minikuper selama satu tahun lalu. Kita ingin mengetahui nilai penjualan bulan depan tahun yang akan datang.

Periode
Bobot yang diberikan
Bulan lalu
3
2 bulan lalu
2
3 bulan lalu
1
JUMLAH
6

Bulan
Aktual penjualan tahun lalu
Moving Average dalam 3 bulan
Hasil Moving Averagedalam 3 bulan
Rata-rata bergerak dengan pembobotan 3 bulan
Januari
15



Februari
12



Maret
14



April
13
(15 + 12 + 14)/3
13,67
(1x15 + 2x12 + 3x14)/6
Mei
14
(12 + 14 + 13)/3
13,00
(1x12 + 2x14 + 3x13)/6
Juni
16
(14 + 13 + 14)/3
13,67
(1x14 + 2x13 + 3x14)/6
Juli
21
(13 + 14 + 16)/3
14,33
(1x13 + 2x14 + 3x16)/6
Agustus
22
(14 + 16 + 21)/3
17,00
(1x14 + 2x16 + 3x21)/6
September
24
(16 + 21 + 22)/3
19,67
(1x16 + 2x21 + 3x22)/6
Oktober
25
(21 + 22 + 24)/3
22,33
(1x21 + 2x22 + 3x24)/6
November
18
(22 + 24 + 25)/3
23,67
(1x22 + 2x24 + 3x25)/6
Desember
19
(24 + 25 + 18)/3
22,33
(1x24 + 2x25 + 3x18)/6




• Metode Eksponential Smoothing

Metode eksponential smoothing merupakan pengembangan dari metode moving averages. Dalam metode ini peramalan dilakukan dengan mengulang perhitungan secara terus menerus dengan menggunakan data terbaru. Setiap data diberi bobot, data yang lebih baru diberi bobot yang lebih besar. Rumus metode eksponential smoothing :
dimana :     Ft   = Peramalan baru
                   Ft-1 = Peramalan sebelumnya
                   α    = Konstanta penghalusan (0≤α≥1)
                   At-1 = Permintaan aktual periode lalu

Menghitung kesalahan peramalan

Ada beberapa perhitungan yang biasa digunakan untuk menghitung kesalahan dalam peramalan. Tiga dari perhitungan yang paling terkenal adalah 

• Deviasi mutlak rata-rata (mean absolute deviation = MAD)

MAD adalah nilai yang dihitung dengan mengambil jumlah nilai absolut dari setiap kesalahan peramalan dibagi dengan jumlah periode data (n).
Kesalahan kuadrat rata-rata (mean absolute deviation =MSE)
• Kesalahan persen mutlak rata-rata (mean absolute percent = MAPE)

 Contoh : PT. TPN ingin memprediksi total penjualan bulan Januari tahun depan. Data penjualan bulan Januari hingga Desember adalah sebagai berikut:

• Metode Trend Projection

Adalah suatu metode peramalan serangkaian waktu yang sesuai dengan garis tren terhadap serangkaian titik-titik data masa lalu, kemudian diproyeksikan ke dalam peramalan masa depan untuk peramalan jangka menengah dan jangka panjang. Persamaan garis :
Dimana :                y = variabel yg akan diprediksi
                              a = konstanta
                              b = kemiringan garis regresi
                              x = variabel bebas (waktu)

Dengan metode kuadrat terkecil (MKT) didapat :

Contoh : Tabel berikut adalah memperlihatkan jumlah kecelakaan yang terjadi di Florida State Highway 101 selama 4 tahun. Ramalkan jumlah kecelakaan yang terjadi pada bulan Mei.


B. Metode Kausal

Metode peramalan kausal mengembangkan suatu model sebab-akibat antara permintaan yang diramalkan dengan variable-variabel lain yang dianggap berpengaruh. Sebagai contoh, permintaan akan baju baru mungkin berhubungan dengan banyaknya populasi, pendapat masyarakat, jenis kelamin, budaya daerah, dan bulan-bulan khusus (hari raya, natal, tahun baru). Data dari variable-variabel tersebut dikumpulkan dan dianalisa untuk menentukan kevaliditasan dari model peramalan yang diusulkan.

Metode ini dipakai untuk kondisi dimana variable penyebab terjadinya item yang akan diramalkan sudah diketahui. Dengan adanya hubungan tersebut, output dapat diketahui jika input diketahui.

• Metode Regresi dan Korelasi

Metoda regresi dan korelasi pada penetapan suatu persamaan estimasi menggunakan teknik “least squares”. Hubungan yang ada pertama-tama dianalisis secara statistik. Ketepatan peramalan dengan menggunakan metoda ini sangat baik untuk peramalan jangka pendek, sedangkan untuk peramalan jangka panjang ternyata ketepatannya kurang begitu baik. Metoda ini banyak digunakan untuk peramalan penjualan, perencanaan keuntungan, peramalan permintaan dan permalan keadaan ekonomi. Data yang dibutuhkan untuk penggunaan metoda ini adalah data kuartalan dari beberapa tahun lalu.

Contoh : Data berikut berhubungan dengan nilai penjualan pada bar pada beberapa pecan di penginapan Marthy and Polly Starr di Marathon, Florida. Jika peramalan menunjukkan bahwa akan dating 20 tamu pecan depan, berapakah penjualan yang diharapkan.

• MetodeEkonometrik

Metoda ini didasarkan atas peramalan sistem persamaan regresi yang diestimasikan secara simultan. Baik untuk peramalan jangka pendek maupun peramalan jangka panjang, ketepatan peramalan dengan metoda ini sangat baik. Metoda peramalan ini selalu dipergunakan untuk peramalan penjualan menurut kelas produk, atau peramalan keadaan ekonomi masyarakat, seperti permintaan, harga dan penawaran. Data yang dibutuhkan untuk penggunaan metoda peramalan ini adalah data kuartalan beberapa tahun.

Empat tahapan yang termasuk di dalam memformulasi forecast model ekonometrika ini antara lain membangun suatu model teori, mengumpulkan data, memilih bentuk persamaan fungsi yang diestimasi, dan mengestimasi dan menginterpretasi hasil.

Contoh : sebagai contoh disini misalnya kita menginginkan untuk memprakirakan permintaan, maka hubungan antar harga dan kuantitas dapat menjadi dasar teori yang logis bagi suatu model. Faktor harga yang mempengaruhi volume permintaan tersebut sebenarnya tidaklah merupakan satu-satunya faktor yang mempengaruhi permintaan, tetapi banyak faktor lain yang juga ikut mempengaruhi permintaan. 
 
Maka secara spesifik hubungan kausalistik permintaan itu dipengaruhi oleh selain harga, tetapi juga dipengaruhi misalnya oleh income per kapita (I), harga barang lain (Po), dan Advertensi (A), dan lain-lain. Karena itu model fungsi yang dikembangkan dalam persamaan ekonometri sebagaimana ditunjukkan pada pembahasan estimasi permintaan yang dipengaruhi oleh sejumlah faktor atau variabel antara lain seperti yang dinyatakan sebagai:
        
       Qd =  f(P, I, Po, dan A)

Yang secara ekonomi terbukti secara empirik bahwa fungsi permintaan dipengaruhi P, I, Po, dan A itu dirumuskan sebagai fungsi:
            
   Qd = a – bP + cI + dPo + eA

Dimana Qd merupakan volume permintaan, a merupakan koefisiensi konstanta, b,c,d,dan e merupakan koefisiensi faktor Harga, Income, Harga Barang Lain, dan Advertensi.

• Metode Input Output

Metoda ini dipergunakan untuk menyusun proyeksi trend ekonomi jangka panjang. Model ini kurang baik ketepatannya untuk peramalana jangka panjang. Model ini banyak dipergunakan untuk peramalan penjualan perusahaan, penjualan sektor industri dan sub sektor industri, produksi dari sektor dan sub sektor industri. Data yang dibutuhkan untuk penggunaan metoda atau model ini adalah data tahunan selama sekitar sepuluh sampai lima belas tahun.

sumber : Modul materi Teori Ekonomika Universitas Mercubuana - Sohibul Munir
Related Posts