taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cuan Melimpah Meskipun Status Pelajar, Berikut 7 Ide Usaha di Sekolah SMA

Cuan Melimpah Meskipun Status Pelajar, Berikut 7 Ide Usaha di Sekolah SMA

Siapa bilang berstatus pelajar tidak bisa menghasilkan cuan, di zaman sekarang semua orang bisa memperoleh cuan termasuk pelajar sekalipun. Apalagi sekarang ada banyak ide usaha yang dapat dilakukan oleh para pelajar, dapat cuan tapi tidak mengganggu belajarnya.
Ide Usaha di Sekolah
Dalam dunia berbisnis, yang namanya melakoni sebuah usaha memang tidak dibatasi usia. Asal berusaha, siapapun bisa membangun bisnis. Buat kamu yang masih pelajar dan ingin menjalankan usaha di sekolah, kali ini kami akan merekomendasikan 7 ide usaha di sekolah SMA

10 Ide Usaha di Sekolah SMA

1. Jual Pulsa

Terlihat sepele, jangan salah hanya dengan berjualan pulsa kamu bisa nambah uang jajan kamu tanpa minta ke orang tua. Meskipun zaman sekarang sudah banyak yang menggunakan kuota, tapi bukan berarti pulsa tidak dibutuhkan lagi. Bisa saja ada tetangga atau teman yang ‘urgent’ kehabisan pulsa listrik. Nah, kamu bisa menjadi penyelamat bagi mereka dengan tepat waktu.

Pastikan pula untuk menemukan agen pulsa dengan harga yang lumayan miring atau bersahabat ya. 
Dengan begitu, kamu bisa mendapat keuntungan lumayan banyak. Jualan pulsa bisa dijadikan sebagai ide jualan praktis sebagai ladang bisnis dengan minim modal.

2. Buka Les Privat

Membuka les privat untuk SD - SMP bisa menjadi ide usaha di sekolah SMA yang menjanjikan.
Sangat menyenangkan ketika kita bisa berbagi ilmu sekaligus mendulang rupiah. Apalagi bisnis ini sangat cocok buat kamu yang berbakat dalam mengajar. 

Misalnya mengajar bahasa Inggris, matematika, dan komputer sebagainya.Kamu bisa juga tawarkan jasa ini ke kenalan orang tua, teman-teman, atau tetangga.

3. Jualan Makanan

Ide usaha di sekolah SMA yang dapat kamu jadikan sebagai pilihan adalah jualan makanan.
Apalagi di sekolah kamu ada menyediakan koperasi, hal itu bisa menjadi kesempatan kamu menghasilkan cuan. Bagi kamu yang hobi memasak atau membuat kue, bisa banget bisnis kuliner nih dengan menjual makanan ke teman di sekolah, dititipkan ke warung atau lewat media sosial.

Kamu juga bisa menjual camilan yang memiliki cita rasa yang gurih atau manis. Kamu bisa juga membuat jajanan sederhana dan menarik tapi ingat dengan patokan harga yang sesuai dengan kantong siswa ya. Dengan begitu teman-teman kamu mau melarisi dagangan.

4. Bisnis Online

Selanjutnya bisnis online juga bisa menjadi rekomendasi ide usaha di sekolah SMA, kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai perantara pemasaran dagangan kamu. Kamu juga bisa menawarkan kepada teman-teman sekolah kamu agar bisa menambah pelanggan lebih banyak lagi.

5. Jasa Pembuatan Logo

Bagi kamu yang memiliki kemampuan untuk membuat logo sangat disayangkan jika tidak membuka peluang bisnis tersebut. Apalagi jika jago dalam mengoperasikan corel draw ataupun adobe photoshop.
Jasa pembuatan logo bisa menjadi profesi yang menjanjikan lho. Dengan mengandalkan kreativitas bisa menambah uang jajan. 

Semakin bagus logo yang dibuat dan semakin banyak pula yang suka, maka akan semakin tinggi pula bayaran yang kamu dapat.

6. Jasa Fotografer

Jika kamu memiliki kamera dan bisa menghasilkan jepretan yang bagus, maka tidak ada salahnya untuk membuka jasa fotografer.  Selain untuk memanfaatkan barang yang ada di rumah, kamu bisa mendapatkan uang. Kamu bisa menawarkan jasa ini ke tetangga atau teman-teman terdekat.

Kamu juga bisa mengajukan diri kamu sebagai fotografer saat ada acara-acara penting di sekolah seperti acara perpisahan, seminar, penyambutan, dan lain sebagainya.

7. Jasa Ketik

Ide usaha di sekolah SMA yang dapat kamu lakukan adalah membuka jasa ketik. Jika kamu memang memiliki fasilitas laptop dirumah dan cepat dalam mengetik, maka tidak salah nya dicoba untuk membuka usaha jasa ketik? 

Tentu hal tersebut bisa menjadi sebuah keuntungan. Kamu juga bisa memperoleh penghasilan dari hasil kerja keras tersebut. Tawarkan jasa kamu ini kepada teman-teman atau adik kelas. Karena terkadang banyak juga guru yang meminta siswanya untuk mengerjakan tugas dengan diketik. Momen ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

8. Blogger

Buat kamu yang suka dengan dunia menulis, tidak ada salahnya lho untuk menjadi sebagai seorang blogger. Dengan bermodalkan smartphone saja kamu bisa membuat blog gratis untuk membuat konten-konten terkait hal yang kamu sukai. 

Agar mendapatkan cuan, kamu harus pasang iklan. Jika blog kamu memiliki banyak pengunjungnya, maka semakin banyak pula keuntungan yang kamu dapatkan. Kamu bisa gunakan akun media sosial agar pengunjung blog kamu semakin bertambah.

Cara Menjalankan Bisnis Saat di Sekolah

1. Pilih Bisnis Sesuai Kemampuan

Sebelum memutuskan untuk menjalankan sebuah bisnis, sebaiknya pilih bisnis yang paling sesuai dengan kemampuan kamu. Dengan begini kamu tidak akan terbebani waktu maupun tenaga yang akhirnya malah bisa mengganggu sekolah kamu. Selain itu, kalau memang belum memiliki modal yang banyak, maka pilihlah bisnis yang tidak membutuhkan banyak modal.

2. Bisa Manajemen Waktu dengan Baik

Salah satu tips dan trik yang sangat penting menjalankan bisnis saat sekolah adalah bisa membagi waktu. Misalnya menjadi tutor. Saat pulang sekolah atau weekend bisa kamu manfaatkan untuk menjadi tutor, dengan begini waktu belajar kamu tidak akan terganggu.

3. Tekun dan Ulet

Salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah ulet atau rajin. Misalnya kamu memilih bisnis sebagai reseller. Maka kamu harus rajin melakukan promosi agar produk dapat dikenal banyak orang.

Persaingan dalam dunia bisnis sangat ketat, apalagi jika memilih bisnis online dimana banyak sekali peminat untuk menjalankan bisnis di dunia online. Jika kamu tidak pandai dalam memberikan inovasi, maka kamu bakalan kesulitan dalam mengungguli saingan bisnis kamu.

4. Inovatif

Kamu harus memiliki jiwa inovatif jika ingin menjalankan bisnis saat sekolah agar tetap lancar. Inovatif ini sangat  luas maknanya. 

Misalnya kamu memilih untuk menjadi tutor, dalam mengajar murid kamu sudah seharusnya kamu berusaha untuk berinovatif. Jika kinerja kamu bagus, pastinya akan membuat orang tertarik untuk dibimbing sama kamu dan kamu bisa cuan kamu pun semakin bertambah. 

5. Efisienkan Kegiatan

Hal yang perlu kamu lakukan agar sukses dalam berbisnis meskipun masih berstatus pelajar adalah efisiensi kegiatan. Jadi kamu harus hindari hal-hal non-produktif yang banyak menyita waktu. Ingat gunakan waktu sebaik mungkin terutama untuk belajar dan berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau kolega. Semua akan berjalan lancar jika kamu bisa menyeimbangkan waktu kegiatan.

Kamu bisa menambah pengetahuan dengan menyimak sejumlah informasi berikut ini.

Baca juga:





Itulah pembahasan tentang 7 ide usaha di sekolah SMA yang bisa dijadikan sebagai referensi menambahkan cuan, semoga bermanfaat ya.
Related Posts