taupasar.com

we read, we create and we share it.

Kiat Sukses Berbisnis Makanan Pedas untuk Produsen Maupun Reseller

Kiat Sukses Berbisnis Makanan Pedas untuk Produsen Maupun Reseller

Beberapa tahun terakhir ini, makanan pedas sedang mendapatkan tempat istimewa di lidah sebagian besar masyarakat Indonesia. Para penikmatnya berasal dari berbagai kalangan usia, dewasa hingga anak-anak.
Kiat Sukses Berbisnis
Tidak berlebihan apabila makanan-makanan pedas kita nobatkan sebagai makanan yang lagi hits di Instagram 2022. Popularitas tersebut segera dibarengi dengan menjamurnya para pedagang makanan pedas baru, baik produsen maupun reseller.

Kesempatan berwirausaha dalam dunia makanan pedas tentu sayang sekali apabila Anda lewatkan. Bagi pembaca yang ingin memulai maupun mengembangkan usaha makanan pedas, kali ini kita akan membahas kiat sukses berbisnis makanan pedas.

Strategi Mengembangkan Bisnis Makanan Pedas

Kiat sukses berbisnis makanan pedas sangat bermacam-macam. Dengan kecanggihan media informasi, Anda memiliki banyak alternatif untuk mempromosikan produk makanan pedas. Secara langsung maupun tidak.

Namun tentu saja, promosi bukanlah kunci kesuksesan satu-satunya. Ada beberapa aspek tidak kalah penting yang benar-benar harus Anda perhatikan. Selengkapnya, simak beberapa poin berikut ini:

1. Rasa Unik

Banyak pengusaha pedas baru yang memulai usaha dalam bidang tersebut secara dadakan. Seringkali mereka tidak terlalu memikirkan resep makanan secara njelimet dan mantap. Hanya dengan menambahkan cabai dalam bumbu, jadilah produk.

Tentu saja, resep demikian kurang bijak. Jikapun pembeli tertarik, mungkin mereka hanya akan membeli satu kali karena penasaran. Dalam dunia kuliner, rasa adalah aspek paling utama yang membuat pembeli melakukan pembelian ulang.

Oleh karena itu, perhitungkan resep makanan pedas Anda dengan matang. Bukan hanya mempunyai cita rasa yang membakar lidah, namun juga berimbang dengan bumbu dan rempah-rempah lain sehingga tetap lezat dan nikmat.

2. Riset Pasar Konsumen

Kiat sukses berbisnis makanan pedas yang kedua adalah memahami sasaran pasar. Kira-kira, mayoritas mana paling berpotensi mencoba dan menyukai produk Anda? Saat ini, sebagaimana kita ketahui, peminat makanan pedas adalah para anak muda.

Para anak muda ini mudah tertarik dengan iklan makanan pedas yang sering tampil di media sosial. Dari riset sederhana ini, setidaknya Anda bisa mendapatkan sedikit kesimpulan bahwa sarana promosi produk yang paling efektif adalah media sosial.

3. Nama Produk Menarik

Setelah melakukan riset pasar, setidaknya Anda bisa mengetahui bahwa pasar potensial makanan pedas adalah para anak muda dan dewasa. Dengan demikian, Anda perlu menyesuaikan produk agar mudah diterima oleh kalangan tersebut.

Umumnya, para anak muda suka dengan nama-nama makanan estetik. Nama estetik membuat mereka penasaran sekaligus mudah diingat. Sebut saja beberapa nama makanan pedas yang sudah popular seperti mie pedas nelongso dan mie setan.

4. Kemukakan Promosi Soft-Selling

Promosi soft-selling adalah teknik promosi secara halus dan menukik. Jenis promosi ini tidak menyuruh konsumen untuk membeli sebuah produk melainkan membuat mereka menginginkan produk tersebut dengan sepenuh hati.

Dalam soft-selling, Anda menawarkan value kepada konsumen terhadap produk. Berbeda dengan promosi pada umumnya, soft-selling harus Anda buat dengan kreatif dan tidak tertebak oleh para konsumen.

Salah satu contoh promosi halus ini adalah, Anda membuat video YouTube yang menampilkan tutorial cara membuat produk makanan pedas yang lezat dan disukai semua orang. Tentu saja Anda tidak menjabarkan resep, namun memberikan pesan rahasia.

Dalam video tersebut, Anda bisa menunjukkan betapa bersihnya dapur produksi makanan. Penjual juga bisa menampilkan betapa bahan dan rempah-rempah yang digunakan masih segar dengan kualitas terbaik.

5. Buat Testimoni Pelanggan

Setiap pembeli baru cenderung akan mencari testimoni jujur terlebih dahulu sebelum mencoba membeli. Dalam testimoni, sesama pembeli memberikan kesaksian mengenai rasa produk secara apa adanya, bukan seperti dalam iklan makanan.

Oleh karena itu, mintalah para pelanggan Anda membuat testimoni secara jujur. Selanjutnya, posting testimoni tersebut di halaman media sosial maupun status media sosial.

Semakin banyak testimoni positif, semakin banyak orang peluang orang tertarik membeli produk makanan pedas Anda.

Anda juga bisa mendapatkan informasi berikut ini sebagai pengetahuan tambahan.

Baca juga:





Demikian 5 kiat sukses berbisnis makanan pedas untuk produsen maupun reseller, baik pemula atau berpengalaman. Jangan lupa untuk senantiasa berkomitmen dan telaten dalam menerapkan kiat di atas.
Related Posts