Solikhah

CEO Taupasar.

Brand Manager | Jobdescription, Kompetensi dan Key Performace Indicatornya

Apa Itu Brand Manager?

Brand Manager definisinya secara mudah ya orang yang mengelola merek. Jenis - jenis Brand itu sendiri banyak. Bagi banyak perusahaan brand itu adalah intangible asset. Tidak heran perlu tim khusus untuk mengelola aset berharga ini.

Brand Manager adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memastikan setiap produk, layanan, dan lini produk yang berada di bawah domain beresonasi dengan para pelanggan potensial. Mereka akan melakukan pengawasan dan memantau secara ketat trend pasar serta produk-produk kompetitif di pasar. Selain itu, mereka juga akan secara teratur melakukan pertemuan dengan para klien dan manajemen senior.

Brand Manager bekerja dibawah manajer pemasaran (CMO), berfungsi sebagai orang utama yang akan mengembangkan, mengimplementasikan dan melaksanakan inisiatif dan kegiatan pemasaran untuk merek khusus mereka. Melakukan kegiatan seperti kampanye di media cetak, web, media sosial, siaran dan media lainnya.

brand manager
Seorang Brand Manager - Pixels


Gambaran Umum Pekerjaan Seorang Brand Manager

Sesuai dengan namanya, gambaran umum pekerjaan seorang brand manager tentu saja mengelola merek. Namun bagaiamana mengelola merek itu? Sederhananya parameter utama suatu brand atau merek adalah seberapa terkenal merek itu di pasar atau segmen yang kita bidik.

Brand manager memiliki andil paling utama terhadap pelaksanaan kampanye pemasaran, mengelola dan mengembangkan produj dan merek serta mendorong pertumbuhan pasar. Oleh sebab itu dibutuhkan keahlian analisis yang kuat, pengetahuan tentang bisnis, dan kemampuan untuk melakukan banyak tugas untuk bisa menjadi Brand Manager.

Brand manager harus bisa menciptakan kesan abadi diantara konsumen dan meningkatkan penjualan produk dan pangsa pasar, memantau trend pasar, melakukan pengawasan kegiatan periklanan dan pemasaran untuk memastikan pesan yang ingin disampaikan tepat sasaran sesuai dengan produk dan layanan mereka.

Mereka nantinya akan bekerja sama dengan banyak tim; pengembang produk, tenaga pemasaran, peneliti, dan agensi kreatif untuk memastikan nilai dan citra brand perusahaan mereka dapat terpenuhi. Mereka bekerja untuk konsultan dan department pemasaran.

Jobdesciption Brand Manger

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi Brand manager adalah sebagai berikut:
  1. Mengelola pelaksanaan rencana pemasaran untuk produk yang akan digunakan dan memastikan penggunaan anggaran pemasaran sudah efisien dan efektif.
  2. Memantau dan menganalisis hasil kinerja produk bulanan, dan mengembangkan serta merekomendasikan rencana tindakan yang sesuai.
  3. Mengembangkan konsep promosi produk yang efektif.
  4. Bekerja dengan menggunakan Riset pasar untuk mengidentifikasi kebutuhan penelitian dan membangun program yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan.
  5. Melakukan kerja sama dengan bagian account executive periklanan untuk memastikan pemahaman yang jelas tentang tujuan pemasaran dan memberikan kepemimpinan di bidang pengembangan dan perencanaan media.
  6. Mengelola anggaran pemasaran untuk semua produk yang akan digunakan.
Kompetensi dan Persyaratan Umum Seorang Brand Manager

Persyaratan yang harus dipenuhi untik bisa menjadi seorang Brand Manager adalah sebagai berikut:
  1. Memiliki gelar sarjana di bidang pemasaran atau bidang yang terkait.
  2. Memiliki pengalaman kerja di bidang project management.
  3. Memiliki keahlian untuk mengoperasikan program Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Power Point.
  4. Memiliki gelar MBA atau Magister Pemasaran atau bidang terkait.
  5. Memiliki pengalaman pada brand marketing yang dikombinasikan dengan marketing innovation.
Kompetensi tadi tidak mutlak harus seperti itu. Daftar tadi adalah salah satu contoh persyaratan dasar yang di cantumkan dalam lowongan kerja suatu produk. Namun pada dasarnya kompetensi yang akan diminta siatu perusahaan akan sangat bervariatif tergantung pada target apa dan seberapa kompleks brand yang harus ia handle.

Key Performance Indicator Brand Manager

Sebenarnya parameter ini sangat tergantung jenis usaha dan target apa yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut. Berikut contoh KPI (Key Performa Indikator) Brand Manager untuk perusahaan makanan sekala nasional:
  1. Brand Awareness, Sederhananya adalah seberapa orang mengenali brand yang ia kelola untuk diasosiasikan pada satu produk. Bisa dibalik, jika menyebutkan suatu produk atau katagori produk, seberapa banyak orang memikirkan merek kita. Semakin banyak dikenal maka tentu KPI-nya akan semakin bagus. Namuan KPI ini perlu melibatkan survey ke customer langsung supaya objectivef
  2. Market Share, Market Share adalah total pasar yang kita dapat dibanding dengan keseluruhan target pasar dalam satu segmen yang sama. Mudahnya, misalnya seluruh target market itu adalah sebuah kue, maka berapa persen potong kue yang kita dapat itu disebut market share. Tentu saja dalam KPI ini sangat berhubungan dengan KPI Sales Manager.
  3. Efektiftitas Marketing Program, Sederhananya ini adalah pengukuran perbandingan budget yang dikeluarkan dibanding feedback yang di dapat. Feedback bisa berupa traffic ke situs resmi atau sosial media kita (jika ada) atau yang paling oke tentunya feedback berupa transaksi pelanggan.
Masih banyak sebenarnya indikator yang bisa kita masukkan. Namun akan lebih terukur jika KPI yang dibuat itu hanya terdiri dari beberapa aspek namun jelas tujuan, dampak dan cara ukurnya.

Well, Brand Manager adalah salah satu posisi yang didambakan dalam karir bidang pemasaran. Tidak heran lowongan pekerjaan brand manager selalu menjadi magnet bagi mereka yang ingin meniti karir dalam dunia marketing profesional.


Related Posts